Headlines News :
Home » » Soal Pemberantasan Korupsi, Mahfud MD: Janji Dua Capres Semuanya "Kering"

Soal Pemberantasan Korupsi, Mahfud MD: Janji Dua Capres Semuanya "Kering"

Written By Info Breaking News on Selasa, 22 Januari 2019 | 14.06



Jakarta, Info Breaking News – Anggota Dewan Pengarah, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD menilai kedua calon presiden yang kini tengah berlaga di Pilpres 2019 belum menghadirkan komitmen baru terkait dengan upaya pemberantasan korupsi.

Mahfud mengatakan setiap Pilpres, janji mengenai pemberantasan korupsi selalu sama.

"Kalau mau ditakar (komitmen capres 2019 dalam memberantas korupsi) saya kira tidak ada yang baru. Semuanya kering," ujar Mahfud di sela-sela Diskusi Menakar Komitmen Capres/Cawapres Terhadap Penegakan Hukum dan Pemberantasan Korupsi di Auditorium CSIS Gedung Pakarti Centre, Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2019).
Berdasarkan data-data terkait kinerja lembaga penegak hukum selama ini, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut menilai tak ada yang baru dalam proses penegakan hukum. Korupsi, berdasarkan hasil studi tersebut, dilakukan melalui proses-proses politik yang sah. Bahkan, produk legislatif pun bisa diperjualbelikan.
"Undang-undang itu bisa dibeli. Saya pernah hakim. UU-nya dikorupsi. Terbukti delapan orang pernah dipenjara karena korupsi produk undang-undang," katanya.
Mahfud menyebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak bisa mencegah korupsi karena KPK tidak punya anggaran. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa yang bisa mencegah korupsi adalah pimpinan lembaga atau instansi negara.
"KPK tidak bisa mencegah. Gak masuk akal saya. Departemen ahlinya banyak. KPK hanya bisa tangkap dan yang tidak bisa mencegah. Masalahnya korupsi sudah jadi budaya," tandasnya. ***Raymond Sinaga

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved