Headlines News :
Home » » Singgung Kasus Huawei, Dubes Kanada untuk Tiongkok Dipecat

Singgung Kasus Huawei, Dubes Kanada untuk Tiongkok Dipecat

Written By Infobreakingnews on Senin, 28 Januari 2019 | 16.19

Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau

Ottawa, Info Breaking News - Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau, memecat duta besarnya untuk Tiongkok, John McCallum, usai yang bersangkutan berkomentar tentang kasus ekstradisi pejabat tinggi Huawei.
“Tadi malam saya meminta dan menerima pengunduran diri John McCallum sebagai dubes Kanada untuk Tiongkok,” ungkap Trudeau melalui sebuah keterangan resmi, Minggu (27/1/2019).
Komentar McCallum dinilai telah mempermalukan pemerintah Kanada serta memicu polemik politik karena menyatakan bahwa Kepala Keuangan dari Huawei Technologies Co Ltd, Meng Wanzhou, yang sempat ditahan di Kanada, bisa memberikan alasan kuat agar tidak dikirim ke Amerika Serikat (AS).
Para anggota parlemen oposisi dan para mantan dubes menyalahkan McCallum atas intervensi politiknya yang tidak bisa diterima. Selain itu, banyak pihak menganggap perbuatan McCallum telah merusak hubungan baik antar kedua negara.
Diketahui, putri dari pendiri Huawei, Meng ditahan di Vancouver bulan Desember 2018 karena diduga melakukan pelanggaran atas sanksi-sanksi AS kepada Iran. Tiongkok kemudian menahan dua warga Kanada atas alasan keamanan.
Pengadilan Tiongkok juga selanjutnya mengadili kembali seorang pria Kanada yang dipenjara atas dugaan penyeluduhan narkoba dan menjatuhkan hukuman mati.
Para pengamat menyatakan peristiwa pemecatan ini pertama kalinya terhadap duta besar Kanada. Trudeau mengatakan belum memiliki rencana untuk mengganti McCallum, yang sebelumnya telah menyampaikan permohonan maaf atas pernyataannya. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved