Headlines News :
Home » » Hong Kong Minta Calon TKI Dilatih Agar Tak Berutang

Hong Kong Minta Calon TKI Dilatih Agar Tak Berutang

Written By Info Breaking News on Selasa, 22 Januari 2019 | 15.31


Sekretaris Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Hong Kong Law Chi-kwong

Jakarta, Info Breaking News – Banyaknya pekerja migran yang terjerat utang menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah Hong Kong.

Bertemu dengan Menteri Ketenagakerjaan RI Hanif Dhaikiri di Jakarta, Sekretaris Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Hong Kong Law Chi-kwong pun membahas hal ini.

Pemerintah Hong Kong, kata Law, menyebut perlu dibuat payung hukum untuk melindungi pekerja migran dari jeratan utang yang dipinjam secara ilegal.

"Salah satu yang menjadi perhatian kami saat ini adalah apa yang disebut jeratan utang. Beberapa pekerja migran meminjam uang sangat banyak ke lembaga yang ilegal, yang dilarang pemerintah," ungkapnya kepada awak media, Senin (21/1/2019).

Meski jarang terjadi,  namun tetap ada yang pernah melakukannya. Akibat jeratan utang tersebut, para pekerja migran jadi ketakutan kehilangan pekerjaannya.

Salah satu alasan yang mendorong para pekerja migran memutuskan untuk berutang ialah untuk menghidupi keluarganya. Karenanya, dia berharap pemerintah Indonesia mau bekerja sama memberikan pelatihan pendidikan kepada para pekerja yang akan ke Hong Kong.

"Untuk meminjam uang itu tidak mudah. Mereka harus memberikan data kredit. Ke perusahaan kredit ilegal juga malah akan membahayakan mereka sendiri, menambah masalah mereka," jelas dia.

Dia mengatakan salah satu agendanya adalah bertemu dengan para asosiasi agen tenaga kerja dan mengunjungi pusat pelatihan tenaga kerja asing. Law mengharapkan calon pekerja migran diberikan pelatihan yang benar mengenai hal itu.

Saat ini, jumlah pekerja migran asing di Hong Kong mencapai 380 ribu jiwa dimana 43 persen diantaranya berasal dari Indonesia. 

Menurut Law, dari ratusan ribu tenaga kerja asing tersebut, hanya 0,1 persen yang terjerat utang. Meski demikian, imbuhnya, itu bisa menambah masalah sendiri bagi si pekerja migran yang akan menyusahkannya. ***Winda Syarief

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved