Headlines News :
Home » » Sri Mulyani: Jadi Menkeu Itu Tidak Mudah

Sri Mulyani: Jadi Menkeu Itu Tidak Mudah

Written By Infobreakingnews on Rabu, 05 Desember 2018 | 14.31



Jakarta, Info Breaking News – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku menjadi seorang bendahara negara bukanlah persoalan yang mudah. Terlebih ketika dirinya harus menyampaikan tugas serta kewenangan Kementerian Keuangan kepada masyarakat.
"Pertama menjelaskan dan meletakkan bahwa keuangan negara adalah concern kita semua, itu bisnisnya seluruh rakyat Indonesia. Bagaimana uang diperoleh, dialokasikan," ungkapnya dalam sebuah forum diskusi yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (5/12/2018).
Sri menilai masyarakat juga seharusnya paham mengapa negara memungut pajak sebagaimana ketentuan dalam Undang-Undang. Sri Mulyani menjelaskan kewajiban membayar pajak merupakan salah satu cara rakyat Indonesia memelihara republik ini.

Dalam kesempatan t
ersebut Sri yang sebelumnya juga pernah mengemban tugas sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan tugas yang dipikulnya tidaklah mudah. Dirinya pernah membuat simulasi apa saja tugas dan kewajiban sebagai menteri keuangan dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kalau kalian menjadi menkeu, kita bikinkan APBN, berapa pajak dan berapa Anda akan belanja, kalau Anda punya Rp2.000 triliun. Kemudian mereka ketawa sendiri, ternyata saya harus ini dan tidak bisa melakukan itu," jelas dia.

Oleh karena itu, di era digital ini Sri Mulyani menginginkan komunikasi dengan masyarakat juga lebih mudah, tidak hanya mudah didapatkan tetapi juga mudah dipahami. Untuk mencapai hal tersebut, Sri Mulyani bahkan menggunakan artis terkenal Ibu Kota, seperti Reza Rahardian hingga Maudy Ayunda sebagai influencer.

"Dalam bahasa biasa, masyarakat akan merasa ini tidak terlalu sulit dipahami, saya tulis teknikal, ini terlalu sulit. Masyarakat kita macam-macam, ada yang mengambil hal-hal tertentu. Kita juga harus sadar sebagai pembuat kebijakan, setiap kebijakan ada pilihan-pilihan yang tidak mudah," pungkasnya. ***Deviane

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved