Headlines News :
Home » » Tangkal Ancaman Bioteror, TNI Mantap Gandeng Indohun

Tangkal Ancaman Bioteror, TNI Mantap Gandeng Indohun

Written By Infobreakingnews on Rabu, 07 November 2018 | 14.59

Koordinator Indohun Wiku Adisasmito (kemeja putih) didampingi oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

Jakarta, Info Breaking News - Asosiasi perguruan tinggi bidang kesehatan di Indonesia, Indonesia One Health University Network (Indohun) berkomitmen untuk terus aktif mempromosikan dan meningkatkan kerja sama multisektoral dengan kementerian dan lembaga terkait.

Audiensi Koordinator Indohun sekaligus Ketua Dewan Guru Besar Fakutas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Wiku Adisasmito dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, semakin memantapkan peran asosiasi perguruan tinggi dalam rangka mendukung kesiapan nasional, terutama dalam mendeteksi, mencegah, dan merespons ancaman wabah penyakit infeksi serta potensi ancaman bioteror pada masa mendatang.

Hadi Tjahjanto yang hadir didampingi oleh Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Anjar Wiratma, Kapuskes TNI Mayjen TNI Ben Yura Rimba, Kapuspen TNI Mayjen TNI Santos G Matondang, dan Waaslog Panglima TNI Brigjen TNI Kasim Genawi baru-baru ini menerima tim Indohun di Subden Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Wiku Adisasmito bersama dengan Kepala Lembaga Eijkman Amin Soebandrio, guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Agus Suwandono, dan Koordinator One Health Laboratory Network dan dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB Joko Pamungkas dalam kesempatan tersebut menyampaikan  situasi dan kondisi ancaman penyakit infeksi emerging, penyakit zoonotik, isu anti-microbial resistance (AMR) serta kondisi laboratorium biologi di Indonesia.

“Dukungan TNI dan kementerian serta lembaga terkait, khususnya laboratorium untuk mendukung proses identifikasi dan deteksi dini penyakit infeksi emerging dan zoonosis sangatlah penting. Laboratorium adalah ujung tombak mekanisme pengendalian penyakit infeksi, sehingga diperlukan kebijakan nasional yang mengatur pemanfaatan laboratorium untuk kepentingan peningkatan kesehatan masyarakat serta pengembangan inovasi bioteknologi nasional,” ungkap Wiku.

Panglima TNI sangat mengapresiasi dan mendukung langkah Indohun dalam menguatkan dan kerja sama multisektor demi tercapainya derajat kesehatan masyarakat serta ketahanan nasional di bidang kesehatan.

Tak hanya itu, Indohun dan Lembaga Eijkman kedepannya akan mengundang Panglima TNI untuk berkunjung ke Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman sebagai langkah awal inisiasi kerja sama pada masa mendatang. ***Jeremy

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved