Headlines News :
Home » » Sutopo Raih Penghargaan dari Ajang Bergengsi di Singapura

Sutopo Raih Penghargaan dari Ajang Bergengsi di Singapura

Written By Infobreakingnews on Kamis, 29 November 2018 | 15.46


Sutopo Purwo Nugroho, pria yang meski harus melawan kanker tetap berjasa dengan memberi update kabar terbaru terkait gempa  yang melanda Sulawesi Tengah beberapa waktu yang lalu
Singapura, Info Breaking News – Nama Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho berhasil masuk menjadi salah satu penerima penghargaan The First Responder dalam ajang bergengsi tahunan The Straits Times Asian of The Year  karena dinilai selalu siap sedia dalam menginformasikan kabar terkini tentang evakuasi korban bencana gempa di Lombok dan Sulawesi Tengah.

Pengumumannya sendiri disampaikan pada hari Rabu (28/11/2018) kemarin di tengah pelaksanaan Global Outlook Forum 2019 yang diadakan oleh surat kabar ternama The Straits Times di Singapura.

Terkait terpilihnya Sutopo dan beberapa tokoh lainnya yang masuk daftar The First Responders, diungkapkan para editor The Straits Times karena mengingat fakta bahwa di seluruh Asia, skala bencana dan dampak kerusakan yang diakibatkannya telah meningkat selama satu dekade terakhir.

"Ketika malapetaka menyerang, naluri alami manusia adalah melarikan diri. Namun ada jenis manusia yang, daripada meninggalkan tempat kejadian, berputar untuk menghadapi bahaya dan bertarung mempertaruhkan nyawa, mereka melindungi orang keselamatan orang lain. Keempatnya adalah contoh terbaik tentang kemanusiaan," tulisan berkas sambutan penghargaan terkait, seperti dikutip dari The Straits Times, Kamis (29/11/2018).

Tahun ini seperti kita ingat, beberapa negara harus rela wilayahnya rusak karena bencana alam. Contohnya, Jepang yang mengalami beberapa kali banjir terburuk dalam ingatan sejarah, begitu juga hal serupa terjadi di negara bagian Kerala di India Selatan.

Mereka juga menyinggung tentang beberapa kali gempa parah yang terjadi di Indonesia, seraya menambahkan bahwa total empat negara di Asia Tenggara masuk ke dalam daftar 10 wilayah paling rawan bencana akibat perubahan iklim.

Selain Sutopo, berikut nama-nama yang turut menerima penghargaan The First Responder:

  1. Almarhum Ng Kok Choong asal Singapura. Dia adalah seorang pilot paralayang (paraglideryang terlibat dalam upaya penyelamatan dan distribusi bantuan pasca-gempa di Sulawesi Tengah. Almarhum juga dikenal sering terlibat dalam proses evakuasi di banyak daerah bencana di Asia Tenggara, termasuk operasi penyelamatan di Gua Tham Luang, Thailand.
  2. Komandan Angkatan Laut India (Pilot) Vijay Varma dan Kapten (Pilot) P Rajkumar, yang dihormati atas dedikasinya dalam menyelamatkan korban banjir Kerala, meskipun harus mempertaruhkan nyawa.
  3. Mercy Relief, sebuah organisasi kemanusiaan non-pemerintah asal Singapura. Organisasi ini secara resmi diluncurkan pada 2003, oleh Wakil Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, yang berusaha untuk mempromosikan kehidupan penuh kasih sayang, perhatian dan kesukarelaan.
  4. Pusat Koordinasi ASEAN untuk Bantuan Kemanusiaan dalam Penanganan Bencana (AHA Centre). ***Jenny Lie


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved