Headlines News :
Home » » Sering Dimarahi Bisa Ganggu Kesehatan Mental Seseorang

Sering Dimarahi Bisa Ganggu Kesehatan Mental Seseorang

Written By Infobreakingnews on Jumat, 16 November 2018 | 15.12


Jakarta, Info Breaking News – Pihak Kepolisian pada hari Rabu (14/11/2018) kemarin kahirnya berhasil mengamankan tersangka pembunuhan satu keluarga di Bekasi, Haris Simamora (HS).

Berdasarkan penuturan HS, ia tega membunuh korban lantaran sakit hati karena sering dimarahi. Karena itu, ia pun merasa dendam sehingga tega menghabisi nyawa sang korban, Daperum Nainggolan beserta istri dan kedua anaknya.

Dilihat dari sisi kesehatan, dimarahi memang terbukti memiliki dampak cukup signifikan terhadap kesehatan mental seseorang.

Dikutip dari US News, dimarahi seseorang bisa mengakibatkan pada gangguan kecemasan dan depresi. Selain mental, seseorang yang kerap dimarahi akan menderita gangguan fisik, seperti gangguan tidur, sakit kepala, dan nyeri otot.

"Mungkin ada efek merugikan jangka panjang yang signifikan," kata psikiater osteopati, dr Charles Sophy.

"Stres akibat intimidasi dapat mengarah pada masalah tiroid, masalah gastrointestinal, tekanan darah tinggi, gangguan mood, perilaku mencederai diri, dan gangguan makan," imbuh dia.

Berdasarkan penelitian yang tertulis di dalam International Archives of Occupational and Environmental Health edisi 2013, dimarahi atau ditindas terutama di tempat kerja dikaitkan dengan peningkatan risiko mengembangkan gejala depresi selama 18 bulan berikutnya.

Sementara American Psychological Association mengatakan orang yang sering dimarahi atau diintimidasi cenderung berperilaku agresif sehingga memungkinkan baginya untuk secara sengaja dan berulang kali menyebabkan orang lain cedera atau tidak nyaman. 

Lebih lanjut penelitianm American Journal of Public Health edisi November 2015 menemukan bahwa korban dimarahi, terutama di tempat kerja memiliki risiko dua kali lipat untuk mengalami keinginan bunuh diri selama lima tahun berikutnya.

"Jangan berpikir bahwa dimarahi tidak memengaruhimu karena tidak disadari, apalagi jika kamu memang memiliki masalah kesehatan yang mendasar," tutur Sophy. ***Candra Wibawanti
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved