Headlines News :
Home » » Peduli Tunanetra, Instagram Sematkan Dua Fitur Baru di Aplikasinya

Peduli Tunanetra, Instagram Sematkan Dua Fitur Baru di Aplikasinya

Written By Infobreakingnews on Kamis, 29 November 2018 | 15.22



Alternative text, fitur terbaru Instagram untuk memudahkan akses pengguna tunanetra

Jakarta, Info Breaking News – Media sosial Instagram baru saja menyematkan fitur baru pada aplikasinya. Fitur ini dipercaya dapat mempermudah pengguna dengan keterbasan visual (tunanetra) dalam membuka Instagram.

Berdasarkan artikel dari blog resmi Instagram, perusahaan anakan Facebook tersebut kini memiliki dua pembaruan tentang fitur terkait.

Fitur pertama ialah automatic alternative text (alt-text) yang memungkinkan pengguna tunanetra untuk mendengar deskripsi gambar yang sedang mereka lihat beserta dengan caption yang ada.

Untuk memperkuat fitur tersebut, Instagram menggunakan teknologi AI object recognition, dimana aplikasinya akan menyebutkan beberapa objek benda yang tampil di sebuah foto.

The Verge, Kamis (29/11/2018) menyebut Alt-text juga tak hanya memungkinkan pengguna mengetahui foto yang sedang dilihat, namun juga dapat mendikte seluruh konten di tab Explore, Profile, dan Feed mereka.

Selain alt-text, fitur lain yang tersedia ialah custom alternative yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam mempercantik deskripsi foto (caption) mereka sebelum nantinya diunggah ke akun Instagram masing-masing. Fitur ini dapat diakses melalui menu Advanced Settings.

Tak hanya menciptakan deskripsi yang indah, custom alternative  juga bisa membacakan deskripsi ke pengguna tunanetra, melalui fitur screen reader ponsel, selain penggambaran objek yang ada di dalam foto melalui suara.

Kehadiran dua fitur ini diharapkan Instagram dapat menjadi langkah awal bagi pihaknya untuk mempermudah akses bagi semua orang, terutama para penyandang disabillitas. Hal ini bertujuan agar aplikasi Instagram dapat dinikmati khalayak secara merata.

Meski begitu, kehadiran dua fitur tersebut nampaknya belum tersedia di Indonesia. Belum ada pula penjelasan rinci mengenai kapan fitur-fitur tersebut akan tersedia.

Sebelumnya, Facebook juga pernah menghadirkan fitur serupa bagi penggunanya. Fitur itu sendiri telah bergulir sejak tahun 2016 lalu. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved