Headlines News :
Home » » Kongres AS Desak Sanksi Saudi atas Khashoggi

Kongres AS Desak Sanksi Saudi atas Khashoggi

Written By Infobreakingnews on Kamis, 22 November 2018 | 10.53

Jakarta, Info Breaking News -  Partai Demokrat yang mendominasi Kongres Amerika Serikat (AS) menyerukan agar AS memotong dukungan terhadap Arab Saudi dan mengkritik tindakan Presiden Donald Trump

Trump dinilai gagal bersikap tegas terhadap Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman (MbS), yang diyakini CIA memerintahkan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. Sebelumnya, Trump juga sempat menyatakan bahwa pihaknya akan tetap mendukung Arab Saudi dan MbS.

Wakil Adam Schiff, yang Januari mendatang akan memimpin Komite Intelijen legislatif di AS mengatakan bahwa sulit dipercaya jika "tidak tahu atau tidak terlibat dalam pembunuhan Khashoggi," seperti dikutip Reuters.


Dalam sebuah pernyataan, Schiff menyerukan penghentian segera dalam dukungan AS untuk operasi militer Saudi di Yaman dan menahan penjualan senjata AS ke Arab Saudi.

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email kepada Reuters, Senator Mark Warner, wakil ketua Komite Intelijen Senat, juga mengkritik Trump atas tanggapannya terhadap pembunuhan Khashoggi.

"Kegagalan Presiden untuk menekan Arab Saudi agar bertanggung jawab dengan cara apa pun terhadap kematian Jamal Khashoggi hanyalah satu contoh mundur kepemimpinan Amerika yang dilakukan Gedung Putih pada isu-isu seperti hak asasi manusia dan melindungi kebebasan pers," kata Warner.

Dua Senat Demokrat lainnya juga mengkritik cara Trump menangani kasus pembunuhan Khashoggi. Padahal Central Intelligence Agency, dalam pertemuan kongres rahasia telah menyatakan bahwa pembunuhan itu diperintahkan oleh putra mahkota.


Senator Dianne Feinstein mengatakan dia akan menahan dukungan untuk Arab Saudi dan mendesak sanksi AS. Feinstein mengatakan bahwa dia tidak mendukung penjualan senjata atau apropriasi senjata di masa depan untuk Arab Saudi. 

Dia terkejut bahwa Trump tidak akan menghukum putra mahkota Arab Saudi atas pembunuhan terencana Khashoggi, yang juga menjadi warga AS, jelasnya dalam pernyataan.

Senator Oregon Ron Wyden mengatakan bahwa Trump telah jelas-jelas tidak peduli siapa yang memerintahkan pembunuhan brutal" dari Khashoggi.

Wyden mengatakan bahwa jika direktur CIA dan direktur intelijen nasional tidak mempublikasikan penilaian mereka mengenai pembunuhan Khashoggi, minggu depan ia berencana mendesak anggota legilatif agar mewajibkan CIA mempublikasikan temuan mereka soal siapa yang memerintahkan pembunuhan itu.***( Sources)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved