Headlines News :
Home » » Hujan Lebat Berpotensi Guyur Sebagian Wilayah Indonesia di Bulan Desember

Hujan Lebat Berpotensi Guyur Sebagian Wilayah Indonesia di Bulan Desember

Written By Infobreakingnews on Rabu, 28 November 2018 | 14.23



Jakarta, Info Breaking News Curah hujan dengan intensitas tinggi dikabarkan akan mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia pada bulan Desember nanti.

Humas Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hary T Djatmiko menyatakan curah hujan tinggi berintensitas di atas 300mm per bulan berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera mulai dari Aceh hingga Lampung Utara; Sumedang dan Majalengka (Jawa Barat), Semarang (Jawa Tengah); serta Sidoarjo dan bagian tengah Madura (Jawa Timur).

Selain itu, wilayah pesisir barat Kalimantan Barat, selatan Kalimantan dan bagian tengah Kalimantan Timur; Makassar, bagian utara Sulawesi Selatan, dan bagian tengah Sulawesi; Kupang (Nusa Tenggara Timur/NTT) dan sebagian besar Papua juga turut diguyur hujan lebat.

Secara umum, curah hujan di seluruh wilayah Indonesia diperkirakan dengan intensitas menengah sampai tinggi antara 200 dan 500 mm per bulan.

"Hujan dengan intensitas rendah atau di bawah 150 mm per bulan hanya berpeluang terjadi di sekitar Pulau Buton, Sulawesi Tenggara," jelas Hary.

Sementara itu, untuk akhir November ini BMKG memperkirakan hujan dengan intensitas tinggi atau lebih dari 100 mm berpeluang terjadi bagian barat Sumatera termasuk Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat; bagian barat Jambi dan sebagian besar Bengkulu; serta bagian barat Sumatera Selatan dan bagian utara Lampung.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Bogor (Jawa Barat); pesisir barat Kalimantan Barat; sebagian kecil bagian tengah Sulawesi; Flores Barat dan Pulau Timor di NTT; Pulau Buru di Maluku; serta sebagian besar Papua dan bagian selatan Manokwari Papua Barat. ***Ardiansyah Harahap

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved