Headlines News :
Home » » Jepang Siap Hadapi Bencana Alam Karena Masa Lalu

Jepang Siap Hadapi Bencana Alam Karena Masa Lalu

Written By Infobreakingnews on Senin, 29 Oktober 2018 | 15.34

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii

Jakarta, Info Breaking News – Terletak di wilayah Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire, Jepang layaknya Indonesia kerap dilanda bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami. Meski begitu, negara matahari terbit tersebut mengklaim bahwa mereka selalu siap untuk menghadapi bencana alam. Pasalnya, Jepang selalu belajar dari kejadian di masa lalu.

"Sekarang kami lebih bisa mempersiapkan diri. Bencana alam memang tidak bisa kita prediksi. Tapi setidaknya, kita sudah bersiap-siap," ungkap Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii, di Gedung RRI, Jakarta, Senin (29/10/2018).

Pemerintah Jepang, Ia katakan, telah memetakan area yang kerap dilanda gempa bumi hingga tsunami. Mereka bahkan dikabarkan memiliki rencana aksi.

"Kita sudah mapping area dan kita juga memiliki plan of action ketika bencana datang. Evakuasi awal adalah hal yang paling utama harus dilakukan," lanjut dia.

Selain itu, Dubes Ishii juga menjelaskan bahwa Jepang kini memiliki aplikasi yang memuat berbagai  info terkait gempa bahkan yang berskala terkecil sekalipun. Aplikasi tersebut juga memberi info mengenai bentuk-bentuk penanganan dari pemerintah.

"Yang jelas, kami memang belajar dari kesalahan di masa lalu. Dari bencana alam yang sudah menimpa kami agar kami bisa lebih berhati-hati dan juga siap mengevakuasi diri sendiri dan keluarga," tuturnya.

Diketahui, tahun 2011 silam wilayah Tohoku, Jepang pernah dilanda gempa bumi berkekuatan 9,0 SR yang disertai tsunami. Gempa tersebut disebut-sebut sebagai gempa terbesar yang mengguncang Jepang sepanjang sejarah. Di awal September tahun ini pun gempa bumi berkekuatan 6,7 SR kembali melanda bagian utara Jepang, tepatnya di Hokkaido. Bebarengan dengan itu, Jepang juga kini tengah dilanda terpaan Topan Jebi. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved