Headlines News :
Home » » India Jadi Negara dengan Kasus Kematian Tertinggi Akibat Selfie

India Jadi Negara dengan Kasus Kematian Tertinggi Akibat Selfie

Written By Infobreakingnews on Minggu, 07 Oktober 2018 | 15.47

Ilustrasi (Nate Edwards/BYU)

Jakarta, Info Breaking News – Swafoto atau yang lebih dikenal dengan ‘selfie’ memang sudah menjadi tren di antara penduduk dunia masa kini. Mulai dari yang muda hingga orang tua kerap berlomba-lomba mencari tempat asik untuk melakukan selfie lalu memasukkannya di media sosial.

Meski terlihat asik dan menyenangkan, selfie juga memiliki sisi yang membahayakan. Pasalnya, banyak orang yang terlalu asik mengambil foto sehingga kurang peka terhadap lingkungan sekitar. Sebagai contoh, India menjadi negara dengan kasus orang meninggal terbanyak akibat selfie.

Berdasarkan sebuah penelitian yang terbit dalam edisi Juli-Agustus Journal of Family Medicine dan Primary Care, pada Oktober 2011 dan November 2017, sejumlah 259 orang di seluruh dunia meninggal saat mengambil foto narsis.

Para peneliti studi yang berasal dari Institut Ilmu Kedokteran India dan Institut Teknologi India, Kanpur menganalisis contoh kematian yang berhubungan dengan swafoto yang dikumpulkan dari artikel-artikel berita berbahasa Inggris.

"Kematian terkait swafoto didefinisikan sebagai kematian tidak disengaja yang terjadi saat melakukan mengambil foto sendiri atau klik swafoto," ungkap penelitian tersebut.

Kematian akibat swafoto juga disebut mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Para peneliti menemukan tiga kematian terkait swafoto dilaporkan pada 2011, dua kasus pada 2013, 13 kasus pada 2014, 50 kasus pada 2015, 98 kasus pada 2016 dan 93 kasus pada tahun 2017.

Tenggelam, kecelakaan transportasi serta jatuh dari ketinggian menjadi penyebab penyebab paling umum kematian terkait selfie.

Jumlah terbesar kematian semacam itu dilaporkan banyak terjadi di India, diikuti oleh Rusia, Amerika Serikat dan Pakistan. Selain itu, sebagian besar korban swafoto sekitar 72,5% adalah laki-laki, sementara 27,5% adalah perempuan. ***Armen

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved