Headlines News :
Home » » Teken Perjanjian Damai, Duo Korea Pastikan Akhiri Permusuhan

Teken Perjanjian Damai, Duo Korea Pastikan Akhiri Permusuhan

Written By Infobreakingnews on Rabu, 19 September 2018 | 16.39

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berpose
usai menandatangani "Deklarasi Perdamaian"

Pyongyang, Info Breaking News – Meski awalnya kerap berseteru, Korea Selatan dan Korea Utara akhirnya bersepakat untuk menandatangani "Deklarasi Perdamaian".
Deklarasi itu ditandatangani langsung oleh Presiden Korsel Moon Jae-in dan Pemimpin Korut Kim Jong-un, di Pyongyang, Rabu (19/9/2018). 
Sebelumnya, Moon dan Kim mengadakan pertemuan pada hari Rabu pagi waktu setempat. Pertemuan tersebut akhirnya melahirkan Deklarasi Perdamaian, sebuah perjanjian yang bertujuan untuk meredakan ketegangan di perbatasan kedua negara dan di Semenanjung Korea.
Dalam perjanjian damai tersebut, kedua negara sepakat untuk membentuk zona penyangga di dekat garis depan untuk menunda latihan artileri dan manuver lapangan. Tak hanya itu, kedua negara juga memastikan akan menarik kembali pasukan militer dari 11 pos penjaga perbatasan pada akhir tahun nanti.
Ketika memberi keterangan pers bersama seusai pertemuan, Moon mengatakan, Korsel dan Korut sepakat menciptakan perdamaian di Semenanjung Korea dan perbatasan kedua negara, tanpa kekuatan militer, dan bersih dari senjata nuklir.
Kedua negara setuju untuk mendirikan zona penyangga di Laut Kuning, guna menangguhkan tembakan senjata dan latihan maritim, serta zona larangan terbang di daerah perbatasan untuk mencegah bentrokan pesawat yang tidak disengaja.
"Kami bersumpah untuk mengakhiri permusuhan dan mengantar era baru perdamaian dan kemakmuran," kata Moon.
Moon juga turut memuji Kim yang setuju untuk membongkar situs nuklir milik Korut dengan pengawasan ahli internasional, seperti yang diinginkan oleh Amerika Serikat (AS), terkait perjanjian denukrilisasi. ***Armen

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved