Headlines News :
Home » » Kadar E. Coli Bertambah, Kualitas Air Ciliwung Makin Mengkhawatirkan

Kadar E. Coli Bertambah, Kualitas Air Ciliwung Makin Mengkhawatirkan

Written By Infobreakingnews on Kamis, 13 September 2018 | 15.47


Meski tampak baik, kenyataannya kualitas air sungai Ciliwung sangatlah rendah
Jakarta, Info Breaking News – Kualitas air kali Ciliwung kini kian mengkhawatirkan. Berdasarkan laporan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, kadar bakteri E. coli kini mencapai 40 ribu per 100 mililiter. Jumlah tersebut naik 40 kali lipat berdasarkan batas aman baku mutu air, yakni 1.000/100ml.

Tren kualitas sungai dari 2014 hingga 2017 sungai dari hulu, yakni Bogor, Depok, dan Tangerang, disebut telah tercemar berat.

Meski secara kasat mata kali atau sungai di Jakarta terlihat baik, namun Wakil Kepala DLH DKI Jakarta Ali Maulana menyebut kualitas airnya sangat mengkhawatirkan.

Dari 20 sungai, ada 90 titik yang diukur Dinas LH DKI Jakarta. Data yang didapat menunjukkan 61% titik tercemar berat, 27% titik tercemar sedang dan 12% titik tercemar ringan.

Ke 20 sungai yang menjadi titik ukur tersebut adalah Sungai Ciliwung, Cipinang, Angke, Mokevart, Grogol, Sunter, Krukut, Cengkareng, Buaran, Petukangan, Kali Baru, Banjir Kanal Timur, Cakung, Cideng, Mampang, Tarum Barat, Kamal, Pesanggrahan, Sungai Sepak, dan Blencong.

Ali mengaku kini pihaknya tengah berupaya agar sungai-sungai dengan titik tercemar ringan dan sedang tidak naik statusnya menjadi berat. Selain kerja sama antar satuan kerja perangkat daerah, penanganan kali juga perlu dikerjakan bersama daerah penyangga.

"Upayanya kita harus ada kerja bersama antara daerah penyangga, kota-kota atau pemkot yang ada di sekitar kota Jakarta. Kedua, kita petakan penyebabnya," ujar dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengaku ingin kali Ciliwung menjadi seperti Sungai Cheonggyecheon yang ada di Seoul, Korea Selatan.  

"Sungai Cheonggyecheon sebuah inspirasi yang sangat bagus, kalau di Jakarta ada Ciliwung bisa jadi bersih seperti ini, wow, dan itu bisa," ungkapnya usai blusukan di sungai buatan yang jadi spot favorit warga negara K-Pop tersebut. ***Rina Triana

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved