Headlines News :
Home » » CPNS 2018: Kemenristekdisti Buka 8.772 Lowongan untuk Tenaga Kependidikan

CPNS 2018: Kemenristekdisti Buka 8.772 Lowongan untuk Tenaga Kependidikan

Written By Infobreakingnews on Kamis, 20 September 2018 | 15.39

Para peserta CPNS Kemenristekdisti mengunjungi Museum Nasional sebagai bagian
dari pelatihan dasar CPNS tahun 2017 lalu

Jakarta, Info Breaking News - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) membuka 8.772 lowongan untuk dosen dalam Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, dimana 920 diantaranya dialokasikan untuk CPNS tenaga kependidikan.

Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti, Kemenristekdikti, Ali Ghufron Mukti berharap penerimaan CPNS di lingkungan Kemenristekdikti tahun ini dapat sedikit menutupi kekurangan jumlah dosen dan tenaga kependidikan yang dialami oleh perguruan tinggi Indonesia.

"Saat ini Kemenristekdikti membutuhkan sekitar 16.000 orang, baik untuk mencukupi SDM dosen maupun tenaga kependidikan," tuturnya di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Lebih lanjut, ia juga mengajak para generasi muda untuk ikut andil memajukan pendidikan tinggi Indonesia di era persaingan global ini. Ia berharap kesempatan yang ada tahun ini dapat dimanfaatkan oleh mereka yang berprestasi untuk menjadi dosen.

Tidak hanya itu, sebagai upaya peningkatan daya saing bangsa Kemenristekdikti juga menyediakan formasi CPNS bagi para ilmuwan diaspora, yakni anak bangsa yang telah sukses meniti karier sebagai akademisi di perguruan tinggi luar negeri.

“Kami juga menyediakan formasi khusus untuk para ilmuwan diaspora yang ingin pulang ke Indonesia untuk mengabdi kepada nusa dan bangsa melalui ilmu pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman yang dimilikinya. Formasi untuk para ilmuwan diaspora ini di luar dari formasi CPNS untuk dosen dan tenaga kependidikan,” jelasnya.

Pengumuman pendaftaran CPNS yang telah dibuka sejak Rabu (19/9/2018) kemarinmelalui laman sscn.bkn.go.id telah dinantikan oleh banyak kalangan masyarakat, terutama para pencari kerja. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan, situs sscn.bkn.go.id mulai bisa diakses pada pukul 13.00 WIB.

Meski begitu, proses pendaftaran sendiri baru dimulai paling cepat tanggal 26 September 2018. Segala informasi mengenai jumlah serta kebutuhan formasi per institusi, persyaratan, dan jadwal pendaftaran CPNS Tahun 2018 dapat langsung dilihat di laman resmi BKN, Kemenpan-RB, maupun Kemenristekdikti (https://ristekdikti.go.id/)

“Ini merupakan peluang yang baik bagi mereka yang ingin menjadi akademisi, seperti dosen. Saya juga mengimbau kepada para pendaftar untuk selalu update informasi hanya di laman-laman resmi untuk menghindari berita palsu,” tuturnya.

Jumlah posisi yang disediakan disebut mencapai 238.015 formasi, yang terbagi atas 51.271 formasi untuk di 76 kementerian dan lembaga, dan sisanya 186.744 formasi untuk penempatan di 525 pemerintah daerah (Pemda).

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menjadi salah satu kementerian yang mendapat porsi penerimaan CPNS tahun 2018. Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Ali Ghufron Mukti menjelaskan, formasi CPNS
Kemenristekdikti tahun 2018 akan dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) iptek dan dikti, khususnya dosen dan tenaga kependidikan. ***Candra Wibawanti

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved