Headlines News :
Home » » Waspada Ancaman Gunung Berapi, Otoritas Jepang Siap-Siap Evakuasi Warga

Waspada Ancaman Gunung Berapi, Otoritas Jepang Siap-Siap Evakuasi Warga

Written By Infobreakingnews on Rabu, 15 Agustus 2018 | 16.04

Penampakan asap putih yang mengepul dari kawah Gunung Ontake yang meletus tahun 2014 lalu

Tokyo, Info Breaking News – Otoritas Jepang kini tengah bersiap-siap untuk mengevakuasi warga di wilayah selatan negara tersebut. Hal itu disebabkan oleh meningkatnya aktivitas seismik seperti gempa vulkanik dan emisi sulfur di puncak Pulau Kuchinoerabujima yang terletak sekitar 1.000 km barat daya Tokyo.

Akibat aktivitas yang meningkat secara dramatis tersebut, tingkat peringatannya pun naik statusnya menjadi 4 dari sebelumnya 5.

Gunung ini terakhir meletus tiga tahun lalu, melemparkan abu dan asap ribuan meter ke langit dan melepaskan aliran piroklastik dalam bentuk aliran abu dan gas super panas mematikan yang mencapai laut.

Seluruh penduduk pun berhasil dievakuasi, yang akhirnya kembali ke tempat tinggal masing-masing. Kini, ada sekitar 100 orang yang menempati wilayah tersebut.

Sebagai informasi, Jepang memiliki 110 gunung berapi aktif dan 47 di antaranya tengah dipantau secara berkala.

Letusan Gunung Ontake pada September 2014 silam yang mengakibatkan 63 orang tewas menjadi letusan dengan jumlah korban terbanyak selama hampir 90 tahun.

Pada bulan Januari, seorang anggota militer Jepang dilaporkan terkena batu-batu dari letusan gunung berapi yang menghujani lokasi ski di sebuah resor pegunungan. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved