Headlines News :
Home » » KPK Sebutkan Keterlibatan Idrus Marham

KPK Sebutkan Keterlibatan Idrus Marham

Written By Infobreakingnews on Jumat, 03 Agustus 2018 | 10.52

Jakarta, Info Breaking News -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut Menteri Sosial Idrus Marham terlibat dalam pertemuan untuk membahas proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-I. Keterlibatan ini menjadi salah satu materi penting yang digali tim penyidik dengan dua kali memeriksa Idrus Marham beberapa waktu lalu.
"Sebagian sudah kami dalami dalam pemeriksaan sebagai saksi dua kali (terkait) beberapa pertemuan dan pembahasan terkait dengan PLTU Riau-I," kata Jubir KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/8)..
Keterlibatan Idrus Marham dalam pertemuan membahas PLTU Riau-1 ini teridentifikasi dari rekaman CCTV yang disita tim penyidik saat menggeledah sejumlah lokasi beberapa waktu lalu, termasuk rumah Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir, dan kantor pusat PLN. Febri memastikan tim penyidik sudah melihat seluruh isi rekaman CCTV yang disita. Meski enggan mengungkap secara rinci isi rekaman CCTV, Febri memastikan pertemuan membahas proyek senilai US$900 juta itu terjadi berdasar sejumlah bukti yang dikantongi tim penyidik.
"Tetapi dari bukti-bukti yang ditemukan tersebut memang ada beberapa pertemuan-pertemuan yang teridentifikasi dan perlu diklarifikasi lebih lanjut pada pihak-pihak yang bersangkutan," katanya.
Febri memastikan tim penyidik bakal terus mengusut dan mengembangkan kasus ini. Tak menutup kemungkinan KPK bakal menjerat pihak lain yang terlibat sepanjang ditemukan bukti permulaan yang cukup.
"Proses penyidikan ini akan terus berjalan untuk menemukan bukti-bukti dan bila ada petunjuk lain maka akan dikembangkan," katanya.
Dalam kasus ini, Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih diduga menerima suap senilai Rp 4,8 miliar dari pemegang saham Blackgold Natural Limited Johannes B Kotjo untuk memuluskan agar perusahaannya masuk dalam konsorsium yang mengerjakan proyek PLTU Riau-1. Idrus Marham dalam kapasitasnya sebagai Sekjen Partai Golkar saat itu dan Dirut PT PLN Sofyan Basir disebut menghadiri atau mengetahui adanya pertemuan antara Eni dan Johannes Kotjo untuk membicarakan proyek tersebut. Adanya pertemuan ini diperkuat dengan rekaman CCTV yang disita tim penyidik saat menggeledah sejumlah lokasi, termasuk rumah Sofyan Basir beberapa waktu lalu. Idrus dan Sofyan sendiri telah diperiksa tim penyidik. Usai diperiksa keduanya mengaku mengenal Eni dan Johannes Kotjo.*** Candra Wibawanti.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved