Headlines News :
Home » » Warga Berbondong Salat Gerhana di Masjid Istiqlal

Warga Berbondong Salat Gerhana di Masjid Istiqlal

Written By Infobreakingnews on Sabtu, 28 Juli 2018 | 08.08

Jakarta, Info Breaking News - Beberapa masyarakat yang menyaksikan peristiwa gerhana bulan total di sejumlah lokasi di Jakarta mengikuti salat gerhana dua rakaat yang diadakan Masjid Istiqlal.
"Tadi sempat melihat gerhana di Monas. Lalu teringat untuk salat gerhana, kemudian ke Masjid Istiqlal," kata Wahyudi, warga Menteng, saat ditemui Info Breaking News, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (27/7).
Hal yang sama juga disampaikan Akhdiat, warga Pasar Baru. Dia sengaja datang ke Masjid Istiqlal untuk mengikuti salat gerhana dan melihat peristiwa gerhana bulan total. "Setelah salat, saya melihat gerhana bulan sambil menunggu salat subuh. Bulannya terlihat merah saat gerhana," tuturnya.
Akhdiat yang datang bersama keluarganya membawa teropong untuk melihat gerhana bulan. Menurut dia, gerhana bulan total merupakan salah satu peristiwa langka sehingga dia menyempatkan waktu untuk menyaksikan. "Kebetulan akhir pekan. Kan libur setelah begadang melihat gerhana," ujarnya.
Salah satu petugas Masjid Istiqlal Syamsuri mengatakan salat gerhana bulan dua rakaat diselenggarakan pada pukul 03.15 WIB. Pada saat itu, gerhana bulan total mencapai puncaknya dan bulan terlihat berwarna merah.
Peristiwa gerhana bulan yang terjadi pada 28 Juli 2018 dini hari merupakan peristiwa langka karena merupakan gerhana bulan total terlama pada abad ke-21. Proses gerhana bulan terjadi selama enam jam 17 menit, dengan gerhana bulan total mencapai 103 menit, atauyang terlama hingga lebih dari 100 tahun ke depan.
Gerhana bulan total dengan fase totalitas lebih lama akan terjadi pada 9 Juni 2123, yaitu mencapai 106 menit. Namun, peristiwa tersebut tidak akan dapat teramati dari Indonesia. Gerhana bulan total dengan fase totalitas yang lebih lama dan dapat diamati dari Indonesia baru akan terjadi pada 19 Juni 2141, mencapai 106 menit.*** Irdan Ramadhan.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved