Headlines News :
Home » » Tiga Pantai Korban Tsunami Jepang 2011 Kembali Dibuka untuk Publik

Tiga Pantai Korban Tsunami Jepang 2011 Kembali Dibuka untuk Publik

Written By Infobreakingnews on Senin, 23 Juli 2018 | 16.49


Tokyo, Info Breaking News – Sempat ditutup pasca peristiwa gelombang tsunami dan bencana nuklir Fukushima tahun 2011 silam, hari ini pemerintah Jepang kembali membuka tiga lokasi pantai untuk publik.

Seperti yang diwartakan AFP, Senin (23/7/2018) upaya rekonstruksi pantai yang telah dilakukan selama bertahun-tahun akhirnya membuahkan hasil.

Pejabat daerah Fukushima mengaku berharap pembukaan pantai Haragamaobama akan mengubah persepsi masyarakat tentang wilayah yang pernah diserang bencana tersebut.

Pantai Haragamaobama sendiri terletak di kota Soma, prefektur Fukushima, sekitar 40 km dari pembangkit tenaga nuklir Daiichi yang lumpuh, atau yang terdekat di antara empat pantai lainnya. Berdasarkan hasil pemeriksaan kualitas air, tidak ada materi radioaktif yang ditemukan pada perairan laut lepas pantai.

"Saya sangat senang karena kehidupan di Soma selalu dihubungkan dengan laut sebelum bencana terjadi," ungkap Sekretaris Umum Asosiasi Pariwisata Soma, Hiroyuki Ito.

"Saya dulu bermain di pantai setiap hari ketika masih kecil," imbuhnya.

Selama ini ia mengaku jika orang mengetik kata "Fukushima" dalam pencarian gambar di Google yang muncul hanyalah foto-foto pembangkit tenaga nuklir dan gambar buruk lainnya.

"Kami ingin warga asing tahu bahwa Soma merupakan sebuah destinasi untuk dikunjungi," tuturnya.

Selain Haragamaobama, dua pantai lainnya yang pernah diterjang tsunami di prefektur Miyagi, sebelah utara Fukushima, juga akan dibuka pada akhir pekan ini. Sejumlah pantai di pesisir utara Pasifik telah dibuka secara bertahap, setelah pemulihan besar-besaran dengan pembangunan tanggul. Tanggul tersebut akan mencegah dampak kerusakan akibat tsunami di masa mendatang. ***Nadya
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved