Headlines News :
Home » » Raih Status Unesco, Indonesia Gelar Cabang Olah Raga Kayak

Raih Status Unesco, Indonesia Gelar Cabang Olah Raga Kayak

Written By Infobreakingnews on Kamis, 05 Juli 2018 | 08.54

Olahraga Kayak Nan Penuh Pesona Milik Indonesia
Jakarta, Info Breaking News - Guna meraih pengakuan status UNESCO Global Geopark di tahun 2019, Indonesia menggelar Belitong Geopark Internasional Kayak Marathon (BGIKM) 2018 sebagai ajang sport tourism. Apalagi cabang olahraga kano/kayak ini dipertandingkan pada Asian Games 2018 mendatang.
Turnamen ini merupakan kerja sama Kementerian Pariwisata, Pemda Pulau Belitung Badan Pengelola Geopark Belitong bersama dengan Komunitas Kayak Indonesia.
Kejuaraan ini diikuti dari berbagai negara dari tiga benua dengan menghadirkan ratusan peserta yang nantinya diadakan di Tanjung Kelayang, Belitung pada 27-29 Juli 2018. Kegiatan dayung di laut menggunakan kayak dipilih, karena merupakan salah satu cara yang paling efektif menikmati pemandangan permukaan laut serta garis pantai. Indonesia memiliki keunggulan dengan panjang garis pantai nomor dua terpanjang di dunia setelah Kanada.
Kepala Badan Pengelola Geopark Belitong Ade Satari mengatakan Belitong sendiri memiliki keindahan permukaan laut yang unik dengan bebatuan granitnya, memberikan nilai tambah tersendiri bagi wisatawan yang ingin menjelajah permukaan laut dan garis pantai, khususnya di kepulauan Belitong.
"Sea-kayak atau kayak adalah olahraga dayung laut yang relatif mudah dipelajari dan tak membutuhkan keterampilan khusus. Cukup dengan kemampuan berenang dan menguasai sedikit cara mempertahankan keseimbangan dalam perahu" kata Ade Satari.
Pada kegiatan BGIKM 2018 nanti, selain kayak, juga akan diperkenalkan olahraga standup paddleboard (SUP), yaitu mendayung dengan posisi berdiri diatas semacam papan surfing yang ukurannya besar.
Olahraga SUP ini mulai popular di dunia serta di Indonesia, karena kepraktisannya. Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti adalah salah satu pegiat olahraga ini yang fotonya saat berkegiatan SUP sudah viral di mana-mana.
Kegiatan ini seyogianya merupakan event pariwisata yang dikemas dalam bentuk olahraga. Fokus dari kegiatan ini bukan hanya aktivitas olahraganya, namun juga dikombinasikan dengan pengenalan objek-objek wisata laut yang menarik dan bisa dilakukan bersamaan dengan kegiatan olahraga Kayak.
Panitia ini akan mengundang sekitar 120 orang pegiat kayak dan SUP dari seluruh pelosok nusantara hingga manca negara. Beberapa peserta dari negara Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Republik Cheska telah mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan daerah yang banyak menciptakan event-event, terutama yang memiliki commercial valuesbukan hanya cultural values, biasanya memiliki pendapatan per kapita lebih tinggi.
"Event seperti Belitong Kayak Marathon yang bisa mendatangkan wisatawan mancanegara diharapkan lebih banyak menciptakan commercial tourism yang nantinya diharapkan dapat menyejahterakan masyarakat Belitong," ucap Arief Yahya di Jakarta Rabu (4/7).
Harapannya, event kayak marathon ini dapat memancing minat para wisatawan maupun pegiat olahraga kayak nusantara dan mancanegara untuk ikut mempromosikan keindahan alam dan kecantikan laut Belitong kepada rekan-rekan wisatawan maupun pegiat olahraga kayak lainnya.
Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Roslan, menyampaikan bahwa melalui event Belitong Geopark International Kayak Marathon 2018 ini diharapkan kegiatan pariwisata yang mendatangkan wisatawan nusantara dan mancanegara untuk menikmati keindahan alam dan kecantikan laut Belitong akan meningkatkan pesat.
"Saat bersamaan juga akan meningkatkan kecintaan warga Belitong terhadap kecantikan pulaunya dan menarik investor untuk telibat dalam menggali potensi kepariwisataan," tutup Roslan. *** Any Christmiaty.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved