Headlines News :
Home » » Menlu AS Bakal Kunjungi Indonesia Akhir Pekan Ini

Menlu AS Bakal Kunjungi Indonesia Akhir Pekan Ini

Written By Infobreakingnews on Selasa, 31 Juli 2018 | 16.40

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo

Jakarta, Info Breaking News – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo dijadwalkan akan mengadakan kunjungan ke Indonesia akhir pekan ini.

Kunjungannya kali ini merupakan bagian dari rangkaian perjalanannya ke kawasan Asia Tenggara. Ia dikabarkan akan bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia; Singapura; dan Jakarta, Indonesia pada 1-5 Agustus.

"Dalam kunjungannya ke Jakarta pada 4-5 Agustus, Pompeo akan menegaskan kembali Kemitraan Strategis AS-Indonesia, dalam rangka menyambut perayaan ke-70 hubungan diplomatik bilateral kedua negara pada tahun 2019," demikian diungkapkan Juru Bicara Kemlu AS Heather Nauert dalam sebuah keterangan tertulis seperti dikutip dari id.usembassy.gov, Selasa (31/7/2018).

"Menlu Pompeo juga akan berdiskusi mengenai memajukan tujuan keamanan serta perdagangan bilateral dan investasi bersama, menegaskan sentralitas ASEAN, serta kepemimpinan Indonesia dalam mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," lanjut pernyataan tertulis itu.

Sebelum ke Jakarta, Pompeo akan berada di Kuala Lumpur pada 2-3 Agustus untuk bertemu dengan pejabat senior Malaysia dan berdiskusi tentang langkah-langkah memperkuat Kemitraan Komprehensif antara kedua negara.

"Serta memajukan kepentingan bersama dalam bidang keamanan dan ekonomi berdasarkan nilai-nilai demokratis yang dimiliki kedua negara, menyusul transisi pemerintahan yang bersejarah dan berlangsung secara damai di Malaysia," jelas keterangan resmi dari Kemlu AS.

Sementara itu, pada 3-4 Agustus ia akan ke Singapura untuk mengikuti pertemuan tingkat menteri ASEAN tahunan. Partisipasi menlu dalam pertemuan ini dalam rangka mendukung visi Amerika Serikat akan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Menlu Pompeo akan mengikuti ASEAN Regional Forum, East Asia Summit Ministerial, US-ASEAN Ministerial, dan Lower Mekong Initiative Ministerial bersama para menteri luar negeri ASEAN untuk membahas tantangan-tantangan keamanan yang paling mendesak di kawasan, mempromosikan tata tertib berbasis aturan, meneguhkan komitmen AS akan kemitraan di kawasan Lower Mekong, serta menegaskan kembali dedikasi AS terhadap ASEAN dan para sahabat dan sekutu di kawasan.

Kemenlu AS menyebutkan dalam pertemuan tingkat menteri itu, Pompeo akan hadir untuk mendiskusikan komitmen bersama terkait denuklirisasi Korea Utara secara final dan yang dapat diverifikasi secara penuh, menegakkan tata tertib berbasis aturan di Laut Tiongkok Selatan, serta melawan terorisme.

Menlu Pompeo juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura dan Menteri Luar Negeri Singapura Balakrishnan untuk menegaskan kembali hubungan bilateral AS-Singapura yang terus terjalin, menandatangani pembaruan Third Country Training Program yang membangun kapasitas di seluruh Asia Tenggara, serta mendukung peran signifikan Singapura sebagai ketua ASEAN saat ini. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved