Headlines News :
Home » » Sempat Bikin Bingung, Ini Alasan Mengapa Twitter Minta Pengguna Ganti Password

Sempat Bikin Bingung, Ini Alasan Mengapa Twitter Minta Pengguna Ganti Password

Written By Infobreakingnews on Jumat, 04 Mei 2018 | 13.18



Jakarta, Infobreakingnews – Belum lama ini, salah satu platform media sosial Twitter menyebarkan notifikasi kepada para penggunanya yang mengimbau agar mereka merubah password akun mereka.

Notifikasi yang muncul secara tiba-tiba tersebut tentu menyebabkan banyak tanda tanya mengenai apa yang sebenarnya terjadi dengan situs microblogging tersebut. Dikutip dari The Verge, Jumat (4/5/2018), perusahaan ternyata menemukan bug di sistemnya.

Meski begitu, berdasarkan hasil investigasi, pihak Twitter menyebutkan bahwa bug tersebut tidak menyebabkan adanya kebocoran data pengguna maupun masalah penyalahgunaan password. Walaupun dinilai tak berbahaya, Twitter tetap menyarankan agar penggunanya segera merubah password akun mereka.

Tindakan ini diambil untuk mencegah hal-hal yang mungkin terjadi. Tak hanya di situs resmi Twitter, pengguna yang memakai password serupa untuk aplikasi pihak ketiga lain juga diminta untuk melakukan penggantian kata sandi.

Perusahaan menyebut bug ini muncul akibat adanya masalah dalam proses hashing yang berfungsi melindungi kata sandi. Jadi, bug ini mengubah proses hashing yang harus dilakukan menjadi karakter string acak yang ada di sistem Twitter.

Karena itu, password yang dimiliki pengguna tersimpan dalam teks biasa di log internal dan tak tertutup. Twitter sendiri mengungkap telah menemukan bug dan menghapus seluruh kata sandi yang tersimpan.

Hingga saat ini, Twitter belum mengungkap jumlah pengguna yang terkena dampak bug ini. Namun, mengingat perusahaan meminta hampir seluruh pengguna mengganti password-nya, besar kemungkinan pengguna yang terdampak bug ini cukup besar. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved