Headlines News :
Home » » 6 Cara Ampuh Perangi si Kolesterol Jahat

6 Cara Ampuh Perangi si Kolesterol Jahat

Written By Infobreakingnews on Minggu, 06 Mei 2018 | 18.21


Jakarta, Infobreakingnews – Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh manusia sering dikaitkan dengan risiko penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung maupun stroke.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa tidak selamanya kolesterol membawa dampak buruk bagi tubuh Anda. Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh manusia. Pertama adalah kolesterol LDL. Jenis ini  merupakan jenis kolestrol yang berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti stroke dan penyakit jantung. Jenis kedua adalah kolesterol HDL yang merupakan kolesterol yang dapat mengangkut kolesterol keluar dari pembuluh darah menuju ke hati. Batas normal kolesterol total dalam tubuh adalah di bawah 200 mg/dl.

Bagi Anda yang mengidap kolesterol tinggi, berikut kami sajikan beberapa cara untuk mengatasi serta memerangi kolesterol jahat.

1.   Konsumsi makanan sehat
Para pengidap kolesterol tinggi disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak sehat, seperti potongan daging tanpa lemak, susu rendah lemak serta makanan yang mengandung lemah tak jenuh tunggal yang biasa ditemukan dalam minyak zaitun dan minyak kanola. Mayoclinig.org juga menyarankan agar mereka yang ingin memerangi kolesterol jahat harus mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 juga bermanfaat bagi jantung. Anda bisa mendapatkannya dari ikan salmon, mackerel, walnut, almond, dan biji rami. Anda juga mesti makan serat larut yang terdapat pada buah, sayur, kacang-kacangan, dan lentil. 

2.   Rutin Berolahraga
Rutinlah berolahraga selama 30 menit tiap harinya. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, Anda cukup berjalan cepat, bersepeda, jogging, berenang atau datang ke pusat kebugaran. Jika tidak memiliki cukup waktu melakukannya di luar, Anda dapat berolahraga di dalam rumah dengan melakukan sit-up, push-up atau gerakan lainnya.

3.   Jaga berat badan normal 
Memiliki berat badan yang ideal sangat baik bagi kesehatan. Lemak berlebih akan menyebabkan timbunan kolesterol, kenaikan tekanan darah, dan penyumbatan arteri yang akan mengganggu kinerja jantung. Mulai sekarang, konsumsi makanan sehat, kurangi camilan berkalori tinggi, dan rutinlah berolahraga. 

4.   Berhenti Konsumsi Minuman Beralkohol dan Merokok
Kandungan dalam rokok berpotensi untuk menurunkan kadar kolesterol baik dan memengaruhi lapisan pembuluh darah sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah, serta meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Begitu juga minum alkohol berlebih dapat memicu penyakit serius, seperti tekanan darah tinggi, gagal jantung dan stroke. 

5. Makan oatmeal 

Oatmeal dapat menghambat penyerapan LDL atau kolesterol jahat. Mengonsumsi serat minimal 6 gram (sekitar 1,5 cangkir) atau lebih setiap hari, bisa mengurangi LDL dan kolesterol total di dalam tubuh. 

6. Minum suplemen

Selain itu, Anda perlu memeriksa kadar kolesterol secara berkala dan mengelola stres dengan baik. Perubahan gaya hidup saja tidak cukup untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh. Anda memerlukan asupan yang menunjang proses menurunkan kolesterol. Untuk itu, coba konsumsi suplemen penurun kolestrol secara rutin untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. ***Deviane
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved