Headlines News :
Home » » Potensi Hujan Lebat Meningkat, BMKG Imbau Warga tuk Waspada

Potensi Hujan Lebat Meningkat, BMKG Imbau Warga tuk Waspada

Written By Infobreakingnews on Senin, 23 April 2018 | 13.59



Jakarta, Infobreakingnews - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga tuk lebih waspada terkait dengan peningkatan potensi hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia pada 23-25 April 2018.
"Dalam beberapa hari ke depan, terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia yang memengaruhi peningkatan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang," jelas Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin (23/4/2018).
Mulyono menyebut beberapa daerah seperti wilayah pesisir barat Sumatera Sumatera, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung dan Kepulauan Bangka Belitung berpotensi dilanda hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang.
Hal serupa juga disebutkan berpotensi melanda wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.
Selain itu, disebutkan pula kemungkinan munculnya gelombang tinggi mencapai 2,5 meter hingga empat meter di perairan barat Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue hingga barat Kepulauan Mentawai.
Tak hanya itu, wilayah perairan Bengkulu-Enggano, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa hingga Sumbawa, Selat Bali-Selat Lombok-Selat Alas bagian selatan serta perairan selatan Pulau Sumba-Pulau Sawu juga berpotensi mengalami hal yang sama.
Untuk itu masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.
Sebelumnya, BMKG memprakirakan sejumlah wilayah di Indonesia memasuki musim kemarau pada akhir April 2018. Menjelang peralihan musim biasanya akan terjadi masa transisi yang salah satunya ditandai dengan hujan lebat. ***Rina Triana

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved