Headlines News :
Home » » CEO Cambridge Analytica Dinonaktifkan Sementara Terkait Skandal Facebook

CEO Cambridge Analytica Dinonaktifkan Sementara Terkait Skandal Facebook

Written By Infobreakingnews on Rabu, 21 Maret 2018 | 09.33

CEO Cambridge Analytica  Alexander Nix
London, Info Breaking News - Cambridge Analytica (Perusahaan analitik data asal Inggris) memberhentikan CEO-nya yang bernama Alexander Nix, setelah sebuah rekaman bocor soal bantuan perusahaan ini untuk kampanye Presiden Amerika Serikat Donald Trump, 2016 silam.


Dalam rekaman yang tersebar, Nix mengaku kerap bertemu Trump. Ia juga membanggakan peran perusahaannya untuk Trump dalam meraih kemenangan di pilpres AS.


Cambridge Analytica (CA) dilaporkan terlibat dalam skandal besar kebocoran data puluhan juta pengguna Facebook.

Perusahaan yang pernah bekerja dengan tim kampanye Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, itu dituding menggunakan jutaan data untuk membuat sebuah program perangkat luak yang hebat, sehingga bisa memprediksi dan memengaruhi pemilihan suara.

Cambridge Analytica memiliki keterkaitan dengan dengan mantan kepala penasihat Trump Steve Bannon dan manajer kampanye Trump 2020, Brad Parscale.

Sementara, miliarder pengelola investasi global (hedge fund) sekaligus pendukung Donald Trump, Robert Mercer adalah pemiliknya.

Posisi Nix dinonaktifkan sementara sampai penyelidikan independen selesai dilakukan, demikian pernyataan dari perusahaan tersebut. 

Sementara itu, seorang petugas data utama bernama Alex Tayler juga mengakui bahwa perusahaannya bertanggung jawab atas kinerja Electoral College Trump saat pilpres.

Sejumlah laporan juga menyebut Cambridge Analytica telah mendapatkan keuntungan fantastis yang tidak sepatutnya dengan mengakses data 50 juta pengguna Facebook.

Dilansir dari AFP, Rabu 21 Maret 2018,  anggota Kongres AS telah meminta CEO Facebook Mark Zuckerberg, untuk mengambil langkah sesegera mungkin.

Kemarin, tim auditor dari Stroz Friedberg sudah berada di
kantor Cambridge Analytica di London untuk melakukan penyelidikan secara menyeluruh.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved