Headlines News :
Home » » Waspada Diare Pada Musim Hujan

Waspada Diare Pada Musim Hujan

Written By Infobreakingnews on Kamis, 08 Februari 2018 | 13.55

Jakarta, Info Breaking News -  Musim hujan juga membuat orang rentan terkena penyakit. Salah satunya adalah diare. Diare yang terjadi saat musim hujan disebabkan karena adanya penurunan kualitas kebersihan. Saat musim hujan, kebersihan sering terabaikan, sehingga meningkatkan perkembangan virus, bakteri dan parasit. Bakteri-bakteri yang hidup dalam keadaan basah lebih mudah menyebar dan menular kepada manusia. 
Diare pada musim hujan sering kali menjadi momok yang menakutkan. Apalagi bagi Anda yang mempunyai anak yang masih perlu pendamping. Untuk diketahui, diare ini lebih banyak dialami oleh anak-anak dibandingkan orang dewasa.
Diare merupakan penyakit yang membuat feses menjadi lebih cair sehingga meningkatkan frekuensi buang air besar. Sedangkan penjelasan secara medis mengatakan diare adalah defakasi yang melebihi 200 gram perhari.
Meski tampak sepele, diare dapat menyebabkan dehidrasi hingga kematian jika tak ditangani dengan baik. Diare bisa disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit. Namun, diare saat musim hujan umumnya diakibatkan oleh adanya penurunan kualitas kebersihan. Sehingga perkembangan mikroba pun tak dapat terhindarkan.
Saat musim hujan tiba, saat itulah terjadi banjir di mana-mana. Kebersihan air pun perlu lebih dipertanyakan. Belum lagi penyebaran bakteri dari satu wilayah ke wilayah lainnya menjadi lebih mudah. Hal inilah yang harus mendapatkan perhatian khusus.
Kejadian ini memang akan meningkatkan risiko diare saat musim hujan. Tapi bukan berarti tidak bisa dicegah. Anda dapat menghalau diare pada musim hujan ini dengan melakukan hal-hal berikut:
  • Mencuci tangan sebelum memasukkan sesuatu ke dalam mulut, sesudah ke toilet, dan sesudah memegang benda milik umum.
  • Cuci bersih buah, sayur, dan semua bahan makanan yang akan dikonsumsi.
  • Masak air hingga matang. Begitu juga saat memasak atau mengolah bahan makanan. Hal ini akan meminimalkan tercemarnya air dan makanan yang akan dikonsumsi.
  • Jagalah kebersihan lingkungan sekitar Anda. Jangan terlalu lama menimbun sampah di depan rumah yang akan menyimpan banyak bakteri dan virus di dalamnya.
Melihat mudahnya beragam penyakit menyerang, khususnya diare, saat musim hujan tiba, alangkah baiknya jika semua pihak terlibat menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, Anda juga perlu melakukan sejumlah tindakan preventif, seperti yang disarankan di atas, untuk mencegah risiko terkena diare.
Menjaga kebersihan adalah cara terbaik untuk mencegah timbulnya penyakit, selalu mencuci tangan sebelum makan. Olah makanan sampai matang untuk mematikan parasit penyakit yang menyangkut di bahan makanan benar-benar hilang, penuhi kebutuhan cairan tubuh 2 liter dalam sehari untuk melarutkan racun dan menghindari dehidrasi.***Shinta Dewi
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved