Headlines News :
Home » » Nenek Asal Tiongkok Sukses Raih Sarjana di Usia 81 Tahun

Nenek Asal Tiongkok Sukses Raih Sarjana di Usia 81 Tahun

Written By Infobreakingnews on Selasa, 06 Februari 2018 | 15.32

Nenek Xue Minxiu saat menerima gelar Sarjana di usianya yang ke-81 tahun
 (Sumber: China Daily/Asian News Network)
Xi’an, Infobreakingnews – Tiada kata terlambat bagi orang yang mau belajar. Kalimat tersebut sangat tepat mendeskripsikan nenek Xue Minxiu. Di usianya yang ke-81 tahun, ia mendapat gelar sarjana e-commerce dari Tianjin University.

Dikutip dari laman AsiaOne, Selasa (6/2/2018) nenek Xue melalui gelar sarjananya menggambarkan sebuah tujuan hidup lebih baik yang ditempuh dengan cara kerja keras selama bertahun-tahun.

"Bagi saya, jika kita hidup di dunia maka, harus menerima segala tantangan demi memperbaiki diri. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak universitas yang telah mewujudkan impian saya sejak kecil," ujar nenek Xue saat menyampaikan pidatonya dalam upacara wisuda di universitasnya.

Belajar di universitas adalah salah satu ambisi dalam hidup nenek Xue. Namun, ia tak menyadari jika hal itu ia dapatkan di usia yang tidak muda. Pada tahun 1957, Xue mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi dan diterima di Northwest University. Namun pada saat itu, ia sedang bekerja sebagai perawat di sebuah sanotarium di Xi'an, China. Alhasil, ia tak dapat belajar di Northwest University karena pihak sanotarium menolaknya untuk meninggalkan tempat kerja karena kekuarangan staf.

Hal ini lantas menjadi penyesalan terbesar dalam hidup nenek Xue. Barulah pada tahun 2014 (beberapa dekade setelah itu), nenek Xue kembali mendaftarkan dirinya ke Tianjin University untuk jurusan e-commerce, kala itu ia masih berusia 77 tahun.

Meski menjadi murid paling tertua di antara teman sekelasnya, nenek Xue dikatakan sebagai siswa paling rajin di kelas oleh gurunya. Setiap harinya ia bangun pukul 5 pagi dan menyempatkan diri untuk belajar sebentar, lalu sarapan dan dilanjutkan pergi ke kampus.

Nenek Xue yang hingga kini belum menikah mengatakan bahwa ia tak pernah mengundang teman-temannya untuk datang ke rumah. Sebab, ada banyak buku yang ia tumpuk di rumah sehingga terlalu sempit untuk menerima orang. Nenek Xue juga mengaku, televisi yang ada di rumahnya sudah empat tahun tak dinyalakan.

Ia mengaku tidak memiliki banyak waktu luang dan lebih memilih untuk belajar dibanding menonton televisi.

"Belajar adalah sesuatu hal yang membuat saya bahagia dan itu selalu memuaskan diri saya," jelas nenek Xue.


Selain menyandang gelar sarjana, nenek Xue juga lihai berbahasa Inggris, Prancis, Rusia dan Latin. Itu semua ia pelajari secara sendiri. Selain gemar belajar bahasa, ia juga senang fotografi, berseluncur dan renang di waktu luang. ***Nadya
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved