Headlines News :
Home » » Cari Pendamping Jokowi, PDIP Kedepankan Elektabilitas dan Kecocokan

Cari Pendamping Jokowi, PDIP Kedepankan Elektabilitas dan Kecocokan

Written By Infobreakingnews on Minggu, 25 Februari 2018 | 12.16


Jakarta, Infobreakingnews -  Elektabilitas serta kecocokan disebut menjadi faktor utama PDIP dalam menentukan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Jokowi nanti.

Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Ahmad Basarah menilai kedua hal itu menjadi penentu utama dalam membantu kemenangan Jokowi pada Pemilu Presiden 2019.

"Syarat elektoral untuk wakil presiden adalah tokoh yang mampu menambah elektabilitas Jokowi. Lalu harus memiliki chemistry untuk kerja sama," kata Basarah yang ditemui di Grand Inna Beach, Sanur, Bali, Minggu (25/2/2018).

Selain kedua hal tersebut, ia mengaku faktor kedekatan ideologi  juga patut dipertimbangkan meski tidak dominan. Pasalnya, banyak tokoh dan politisi di Indonesia yang berpedoman pada Pancasila dan nilai-nilai keagamaan.

Basarah juga mengatakan, saat ini tidak ada dikotomi yang tegas antara kelompok nasionalis dan religius di Indonesia. Ia pun mencontohkan masing-masing partai dengan pimpinannya saat ini justru mencitrakan platform yang mengkombinasikam sisi nasionalis dan religius.

"Saya kira dalam arti nasionalis religius, Jokowi adalah orang yang nasionalis religius. Orang religius yang nasionalis. Kami tidak ingin terjebak pada dikotomi antara nasionalis-religius," tutur Basarah.

"Karena menjadi pemimpin di Indonesia, harus menjadi pemimpin yang nasionalis religius. Pancasila itu sejatinya ideologi untuk negara yang nasionalis dan religius," tutupnya. ***Nyoman Dewi
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved