Headlines News :
Home » » Revisi BMKG: Gempa Jakarta 6,1 SR Bukan 6,4 SR

Revisi BMKG: Gempa Jakarta 6,1 SR Bukan 6,4 SR

Written By Infobreakingnews on Selasa, 23 Januari 2018 | 15.07


Jakarta, Infobreakingnews - Hari ini, sekitar pukul 13.34 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa bumi tektonik.

Sebelumnya, BMKG sempat menginformasikan gempa tersebut berkekuatan 6,4 SR. Pusat gempa berada di 7,21 Lintang Selatan dan 105,91 Bujur Timur tepatnya di 81 km Barat Daya Lebak, Banten dengan kedalaman 10 km.

Namun, berdasarkan hasil analisis BMKG gempa bumi tersebut dikatakan berkekuatan 6,1 SR terjadi dengan koordinat episenter pada 7,23 LS dan 105,9 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah selatan Kota Muarabinuangeun, Kabupaten Cilangkahan, Propinsi Banten pada kedalaman 61 km.

Menurut Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan berpotensi dirasakan di daerah Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bogor.

"Gempa bumi selatan Jawa-Bali-Nusa Tenggara ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia," ujar Riyadi dalam siaran persnya.

Hingga pukul 13.46 WIB, BMKG mengungkapkan belum ditemukan adanya potensi gempa susulan. Riyadi  juga menghimbau agar warga tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh isu-isu yang tidak benar.


"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Cilangkahan diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tutupnya. ***Deviane
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved