Headlines News :
Home » » Melihat Gaduh Besar Di Tubuh Partai Hanura Pecat Ketum OSO

Melihat Gaduh Besar Di Tubuh Partai Hanura Pecat Ketum OSO

Written By Infobreakingnews on Senin, 15 Januari 2018 | 19.05

Ketum Hanura OSO
Jakarta, Info Breaking News - Tahun Politik baru saja beberapa hari menjelang, namun badai Demokrasi terasa terus bergejolak besar ditubuh Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang kini tengah terpecah atas dua kelompok besar. Rapat pengurus harian Hanura menyatakan telah memecat ketua umum mereka Oesman Sapta Odang (Oso). Ada sejumlah alasan atas pemecatan ini.

Sekretaris Jenderal Hanura Sarifuddin Sudding menyatakan pemecatan terhadap Oso sudah sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai.


"Pemecatan didasari mosi tidak percaya sebanyak 27 DPD (tingkat provinsi) dan 400 DPC (tingkat kabupaten/kota). Dan secara AD/ART sah," kata Sudding kepada sejumlah media, Senin, 15 Januari 2018 di Jakarta.

Pemecatan, kata dia, sah dilakukan pada pukul 09.50 WIB. Dia menyatakan rapat pemecatan dihadiri unsur dewan pimpinan, dewan penasihat, dewan kehormatan, hingga pengurus harian.

"Secara aklamasi (rapat) menyetujui menonaktifkan ketua umum," ujarnya.

Anggota Komisi III DPR ini menyatakan alasan utama Oso dinonaktifkan antara lain kepemimpinannya yang disebut serampangan membuat keputusan. Kedua, memecat sejumlah ketua DPD tanpa dasar yang jelas. Ketiga, banyaknya kericuhan yang terjadi di pilkada yang diikuti Hanura.

"Oso juga mengeluarkan SK rekomendasi ganda yang tak didasari aspirasi dari bawah," kata Sudding.

Ia menyatakan konflik internal di tubuh Hanura ini tak akan memengaruhi verifikasi faktual yang akan dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai syarat kepesertaan di Pemilu 2019.

"Tidak, karena telah kami tindak lanjuti," kata dia.

Sebagai pengganti Oso, Hanura memilih Wakil Ketua Umum Hanura, Marsekal Madya (Purn) Daryatmo sebagai pelaksana tugas.

"Penunjukan ketua umum baru nanti akan dilakukan dalam munaslub (musyawarah nasional luar biasa) yang akan dilakukan dalam waktu dekat," kata dia.


Sementara ditempat berbeda dimana OSO juga tengah berada ditengah Rakornas menytakan secara tegas menolak pemecatan dirinya yang dinilainya diluar aturan main Partai. Diperkirakan perpecahan ditubuh partai Hanura ini akan semakin gaduh, mengingat ada sejumlah tokoh besar terdapat pada kedua kubuh yang bertikai.*** Candra Wibawanti.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved