Headlines News :
Home » » Mulai 1 Januari 2018 KA Bandara Soetta Resmi Berfungsi

Mulai 1 Januari 2018 KA Bandara Soetta Resmi Berfungsi

Written By Infobreakingnews on Rabu, 06 Desember 2017 | 06.17

Tangerang, Info Breaking News Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut pengoperasian Kereta Api (KA) Bandara Soekarno Hatta (Soetta) secara komersial penuh dilaksanakan pada 1 Januari 2018.
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, sebelum 1 Januari 2018 itu, rencananya KA Bandara Soetta akan diresmikan terlebih dahulu oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pekan depan. Adapun tarif yang bakal diberlakukan pada 1 Januari itu adalah tarif komersial.
"Sekarang uji coba. Saya tugaskan mulai besok, 1-2 hari ini dipakai lebih intensif supaya minggu depan Pak Presiden bisa resmikan dan secara masif dapat digunakan 1 Januari," kata Menhub setelah melakukan uji coba KA Bandara Soetta pada Selasa (5/12).
Budi mengungkapkan, KA Bandara Soetta merupakan bentuk layanan transportasi anyar dari dan menuju bandara tersibuk di Indonesia itu. Dia menaksir, 20-30% masyarakat yang setiap harinya pergi pulang Bandara Soetta beralih ke moda perkeretaapian ini.
"Kami ingin sekali masyarakat menggunakan KA bandara secara maksimal agar satu angkutan yang merupakan angkutan masa depan ini bukan hanya ramah lingkungan tapi juga mengurangi kemacetan," jelas Menhub.
Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto menyatakan, pihaknya terus melakukan uji coba setiap hari guna memastikan operasi KA Bandara Soetta berjalan lancar saat sudah beroperasi melayani masyarakat. Dia menambahkan, PT Railink juga terus memastikan agar pengoperasian KA Bandara Soetta tidak berdampak signifikan terhadap perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek.
"Kami ada tahapannya. Kami uji coba di jam peak KRL. Nanti juga kita uji coba non peaknya terus sambil dicari yang paling bagus. KA bandara ini sudah diatur, dalam jadwal sudah match, kita kan perlu coba sebelum tanggal main," jelasnya.
Menurutnya, pada tahap awal pengoperasian, KA Bandara Soetta belum dapat melayani seluruh stasiun yang disiapkan.
"Kami baru tiga stasiun. Stasiun Batu Ceper sudah bisa, jadi Batu Ceper, Sudirman Baru (BNI City), dan Bandara Soetta. Stasiun Duri masih ada sharing track jadi Railink belum melayani penumpang dari Stasiun Duri, tapi nanti ya keretanya masuk Duri," terang dia.
Lebih lanjut, terang Heru, pada tahap awal operasi Desember 2017, pihaknya baru menyiapkan sekitar 40 perjalanan KA Bandara Soetta per hari dan nantinya terus bertambah. "Kami punya slot 82 perjalanan per hari sebenarnya. Kami terus evaluasi. Kalau Januari siap ya kami operasikan 80-an perjalanan itu," sebut dia.*** Herlina.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved