Headlines News :
Home » » Di Sidang Praperadilan Ahli Sebutkan KPK Perlu Bukti Baru Tetapkan Novanto Tersangka

Di Sidang Praperadilan Ahli Sebutkan KPK Perlu Bukti Baru Tetapkan Novanto Tersangka

Written By Infobreakingnews on Selasa, 12 Desember 2017 | 04.05

Jakarta, Info Breaking News - Ahli hukum pidana Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Musakkir menyebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membutuhkan bukti baru untuk menetapkan kembali Setya Novanto sebagai tersangka. Ini supaya penetapan tersangka terkait kasus korupsi KTP elektronik sah. 

"Kalau praperadilan harus ada novum, kalau tidak ada berarti tidak sah," ujar Musakkir saat memberikan keterangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 11 Desember 2017.


Novum merupakan bukti yang sudah ada sebelum sebuah kasus diproses tapi belum pernah diajukan di persidangan. Lantaran itu, Musakkir bilang KPK tidak bisa menggunakan bukti lama pada sidang praperadilan saat ini. 

Apalagi putusan praperadilan terdahulu telah memutuskan penetapan tersangka pada Novanto tidak sah. "Kalau bukti itu dipakai lagi, ya tidak sah. Enggak bener itu," tegas dia.

Makanya dia bilang KPK tak perlu tergesa-gesa menetapkan Novanto sebagai tersangka. Kalau belum menemukan bukti baru dalam kasus korupsi yang merugikan keuangan negara Rp2,3 triliun itu. 

"Jangan memaksakan diri menetapkan tersangka kalau tidak ada bukti baru," tutur dia. 

Dia menyarankan KPK melakukan penyelidikan ulang untuk mengumpulkan bukti baru sebelum menetapkan Novanto sebagai tersangka. *** Sony Simanjuntak.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved