Headlines News :
Home » » Semakin Kuat Emil Dijadikan Wakil Khofifah

Semakin Kuat Emil Dijadikan Wakil Khofifah

Written By Infobreakingnews on Jumat, 03 November 2017 | 19.48

Emil Dardak
Surabaya, Info Breaking NewsBupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak satu dari sejumlah figur yang potensial mendampingi Khofifah Indar Parawansa pada Pilgub Jawa Timur 2018. Berdasarkan hasil survei IT-Riset Politic Consultant (iPol) Indonesia tentang konten berita media massa (media cetak, elektronik, dan online), suami Arumi Bachsin itu menjadi buah bibir netizen.

"Selain Emil, sbenarnya ada tiga nama figur yang potensial jadi cawagubnya Khofifah, yakni Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Ngawi Budi Sulistiyono alias Kanang, dan Kepala Inspektorat Jatim Nurwiyatno. Tapi nama Emil terus menguat dibanding nama lainnya," ujar CEO iPol Indonesia, Petrus Hariyanto, di Surabaya, Jumat 3 November 2017.


Petrus mengatakan, hal ini dilihat dari 4.198 share post di media sosial mulai 1 Agustus-31 Oktober 2017. Nama Risma berada di urutan pertama terkait pemberitaan soal cawagub mencapai 18,01 persen, kemudian disusul Emil Dardak mencapai 14, 91 persen, Budi S 13,55 persen, Nurwiyatno 8,74 persen, dan sisanya nama-nama lainnya.

"Tapi dalam sebulan terakhir ini, nama Emil berada di urutan pertama dalam pemberitaan figur potensial sebagai cawagubnya Khofifah. Sedangkan nama Risma, Nurwiyatno dan lainnya terus merosot," kata Petrus.

Survei iPol juga mengungkap publik menanti bakal calon Gubernur Jatim yang merakyat, memiliki program bagus dan bebas korupsi. "Potensi kedekatan kandidat dengan rakyat masih menjadi faktor utama dari masyarakat dalam menentukan pilihan. Kemudian tokoh muda juga menjadi buah bibir dalam media sosial," ujarnya.
Berdasarkan pantauan di media sosial,  jumlah postingan yang membicarakan sosok Emil mencapai sekitar 1.000 cuitan per hari, kemudian Nurwiyatno 750 postingan per hari. "Jumlah postingan yang membicarakan nama-nama itu, mayoritas adalah warganet berusia antara 18-35 tahun," katanya.

Menurut Petrus, sebagai pemilih rasional, kelompok millenial cederung lebih cerdas dengan melakukan analisa berdasarkan pertimbangan komentar publik. "Mereka bersosialisasi secara word of mouth atau getok tular. Dalam bersosialisasi membahas Pilgub, mereka cenderung kritis terhadap kandidat," katanya.

Saat ini, kata Petrus, di Jatim terdapat sekitar 13 juta pengguna Facebook (FB), dan rentang usia yang paling aktif berselancar adalah usia 17-35 tahun. Generasi Y ini, kata dia, aktif memantau informasi akun FB dan membicarakan kandidat cagub/cawagub secara intens.*** Dani Setiawan.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved