Headlines News :
Home » » KPK Ingatkan Para Tamu Tidak Berikan Kado Kahiyang Bobby Secara Berlebihan

KPK Ingatkan Para Tamu Tidak Berikan Kado Kahiyang Bobby Secara Berlebihan

Written By Infobreakingnews on Rabu, 08 November 2017 | 05.41

Solo,  info Breaking News - Menyadari bahwa sikap tulus dari Presiden Joko Widodo beserta keluarganya yang murni sebagai wiraswasta itu, maka dengan penuh rasa kasih sayang pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan kepada para tamu undangan pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution tidak memberikan hadiah yang berlebihan. Para tamu diimbau cukup memberikan bunga kepada pengantin baru tersebut.
"Agar tidak buat sibuk Presiden lapor-lapor ke KPK pasca pesta ini, ya kasih bunga saja lah cukup buat Bobby dan Kahiyang," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat Info Breaking News meminta tanggapannya mengenai resepsi pernikahan Kahiyang - Bobby yang bernuansa Nusantara tersebut.


Saut tak mempersoalkan jika kerabat Kahiyang dan Bobby ingin memberikan hadiah dalam pernikahan nanti. KPK akan menelaah apakah kerabat yang memberikan hadiah itu seorang pelajar atau pengusaha.

Saut juga mengimbau Kahiyang dan Bobby untuk melaporkan semua hadiah kepada KPK, mengingat Jokowi merupakan seorang penyelenggara negara. Menurutnya, Direktorat Gratifikasi KPK akan menilai barang-barang tersebut.

"Apakah itu nanti jadi milik negara atau milik penerima. Karena akan ada penilaian sisi nilai berapa harganya," ujar dia.


Saut mengatakan, hadiah pernikahan harus dilaporkan karena khawatir menimbulkan konflik kepentingan. Pasalnya, tidak tertutup kemungkinan yang memberikan hadiah adalah seorang pejabat negara.

"Jadi menolak apapun pemberian ketika seseorang yang sudah menjabat itu yang direkomendasikan KPK," ucap Saut.

Saut juga takut jika nantinya pemberian hadiah menimbulkan ketergantungan baik dari pemberi ataupun penerima. Karena itu, Saut mengimbau kepada calon pasangan baru itu untuk tidak menerima hadiah. Dengan begitu, tidak ada balas budi yang berpotensi terjadinya tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Jadi lebih baik ditolak segala bentuk pemberian, karena akan ada potensi ketergantungan," ungkap Saut.

Tak lupa, Saut pun menyampaikan doa dan mengucapkan selamat kepada calon mempelai baru tersebut. "Dari saya buat Kahiyang dan Bobby teriring doa dan selamat menempuh hidup baru. Sedang buat Pak Presiden saya ucapkan selamat menunggu cucu lainnya. Salam integritas," pungkas Saut.

Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution akan menggelar resepsi pernikahan di gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, pada hari ini, Rabu 8 November 2017. Pernikahan ini akan dihadiri sekitar lebih dari 8.000 undangan yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat. *** Yohanes Suroso.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved