Headlines News :
Home » » Ludruk Manggung di TMII Jakarta

Ludruk Manggung di TMII Jakarta

Written By Infobreakingnews on Kamis, 03 Agustus 2017 | 15.56

Cak Herry Takariono bersama anggota KLJ
Jakarta, Info Breaking News - Para pemain ludruk yang tergabung dalam Kumpulan Ludruk Jakarta (KLJ) bersama segudang pelawak bakal manggung bersama dalam pentas Ludruk di Anjungan Jawa Timur (Jatim) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Minggu 6 Agustus 2017 pukul 14.30 WIB. Kesenian Jawa Timuran ini akan menampilkan lakon ‘Cak Durasim Pendekar Ludruk’ yang digelar oleh Kumpulan atau Komunitas Ludruk Jakarta (KLJ).


Lakon ini ditopang para pelawak, seniman, artis sinetron dan penyanyi yang menjadi anggota KLJ, diantaranya Cak Bathin, Cak Bagong, Polo, Tarzan Srimulat, Doyok, Kadir, Gogon, Nurbuat, Isa Nglantur, Memed Mini, Tessy, Lupus, Ragil RM, Toni Gempil, Pangat, Ganis, Bambang, Slamet, Agus Pengampon, dan lainnya. Turut pula penyanyi Si ‘Raja Minggat’ Sonny Joss dan seniman wanita Ninik Chandra Srimulat, Herra Rosa, Sus Ellyn, Sharmilla, Nonik Kirana, Santi, Eva, Dewi Katayana, dan sebagainya.
Lakon “Durasim Pendekar Ludruk” ini disutradarai Cak Tatok “Koplak” Pranadi yang juga tim kreatif Cak Lontong. Pelawak yang juga pemain ludruk Cak Lupus yang berperan sebagai Durasim dalam lakon tersebut, mendorong keberadaan Ludruk di Ibu Kota tapi harus dengan manajemen professional.
Ia pun melihat suksesnya Ludruk di Ibu Kota yang bernama Ludruk Mandala di era tahun 1980-an yang pernah dipimpin oleh seorang dokter yang bernama Suradi. “Saya yakin Ludruk ke depan akan maju kembali dan berkembang, apalagi KLJ sudah melakukan pelatihan regenerasi,” pungkas Cak Lupus di sela-sela latihan KLJ di Anjungan Jatim TMII, Selasa malam (1/8/2017).
Tatok ‘Koplak’ mengungkapkan, selama ini banyak perkupulan kesenian termasuk Ludruk selalu tidak bisa bertahan lama, baru terbentuk beberapa tahun lalu bubar. “Itu karena perkumpulan Ludruk masih menggunakan pendekatan konvesional,” tutur arek Suroboyo ini.
Aktif dalam kepengurusan KLJ selaku Ketua adalah Cak Andreas Eno Tirtakusuma, Advokad yang juga dosen Pasca Sarjana sebuah universitas swasta di Jakarta. Sebagai Sekterais KLJ adalah Lusie Baya, penyanyi yang juga artis inetron. Sedangkan Bendahara KLJ dipegang Dewi Kantayana. Berbagai profesi ikut aktif pula berperan dalam KLJ, diantaranya Cak Herry Takariono dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan serta Cak Sukiswanto dari Polsek Bekasi Kota.
Ludruk dikenal sebagai kesenian khas asal Jatim yang menyuguhkan tayangan edukatif bercirikan komedi. Ludruk lebih banyak menceritakan kehidupan masyarakat, kisah perjuangan dan bahkan kritik sosial yang diselingi lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik serta didahului dengan tari remo.*** Candra Wibawanti
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved