Headlines News :
Home » » Pemindahan Ibu Kota RI Dipastikan Kajiannya Selesai Tahun Ini

Pemindahan Ibu Kota RI Dipastikan Kajiannya Selesai Tahun Ini

Written By Infobreakingnews on Senin, 10 April 2017 | 13.17

Bambang Brodjonegoro
Bali, Info Breaking News - Pemerintah melalui  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (10/4/2017) menargetkan kajian pemindahan Ibu Kota selesai tahun ini. Ibu Kota baru dipastikan berada di luar Pulau Jawa.



Bambang mengatakan ada beberapa kota kandidat yang berpotensi menjadi ibu kota baru. Dia mengakui salah satu kandidat ibu kota baru adalah Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Bambang belum bisa memastikan apakah Ibu Kota benar pindah ke Palangkaraya. Tapi wacana itu pernah digagas Presiden pertama Indonesia, Soekarno. "Memang salah satu kandidat karena pernah diucapkan Presiden Soekarno," ujar mantan Menteri Keuangan itu.

Berdasarkan beberapa literatur, Soekarno pernah mewacanakan perpindahan Ibu Kota pada dekade 1950-an. Proklamator kemerdekaan tersebut bahkan pernah meninjau kota yang terletak di tengah Indonesia itu.
 
Rencana pemindahan Ibu Kota muncul kembali karena adanya kebutuhan pembentukkan pusat ekonomi baru. Menurut dia, Pulau Jawa terlalu mendominasi kegiatan perekonomian Indonesia. Itu pun aktivitas perekonomian di Jawa lebih banyak terkosentrasi di kawasan Jabotabek atau DKI Jakarta, belum merata ke seluruh lapisan.
 

Beban Jakarta sebagai Ibu Kota dianggap terlalu berat, karena berperan ganda sebagai pusat pemerintahan, keuangan sekaligus pusat bisnis.

Bambang juga menyampaikan rencana pemindahan ibu kota ini bisa terwujud jika didukung keputusan politik dan perlunya pusat pemerintahan di luar Pulau Jawa.*** Edward Supusepa
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved