Headlines News :
Home » » Polisi Bongkar Bisnis Pengoplos Elpiji

Polisi Bongkar Bisnis Pengoplos Elpiji

Written By Infobreakingnews on Selasa, 18 Oktober 2016 | 09.40

Depok, infobreakingnewsKepolisian Resor Kota Depok menciduk dua terduga pengoplos gas elpiji tiga kilogram berisi air, yang ditemukan di Kelurahan Tugu Cimanggis, Kota Depok. Polisi memastikan modus penipuan tabung elpiji tiga kilogram dilakukan dengan mencampur gas dengan air.
Kapolres Kota Depok, Komisaris Harry Kurniawan mengungkapkan, kedua pelaku Januar Ashari (24) dan Muhammad Irvanisvi (19). Keduanya kata Harry memiliki peranan tersendiri dalam kasus ini.
“JA perannya pengecer tabung gas dan memasukkan air ke dalam tabung. Sedangkan MI berperan mengedarkan gas tersebut ke setiap warung di Jakarta Timur, Cibinong dan Depok,” kata Kapolres saat dikonfirmasi, Selasa (18/10).
Dari satu elpiji normal, gas dimasukkan dengan menggunakan alat khusus ke delapan hingga sembilan tabung yang telah berisi air. Kata Harry tabung elpiji kosong terlebih dahulu diisi air menggunakan selang suntik. Selepas itu, gas dengan kadar sedikit dimasukkan. “Jadi tabung yang berisi air tetap ada gasnya, tetapi sedikit,” jelas Harry.
Persentase air, tuturnya, lebih banyak ketimbang gas. Dengan demikian, dalam berbagai temuan di masyarakat, didapati gas sempat menyala beberapa saat sebelum mati. Sementara, bahan baku gas diperoleh dari tabung elpiji normal dan air yang diisikan merupakan air keran PDAM.
Tersangka pengoplosan melakukan perbuatannya sejak pertengahan September 2016. Dalam hari kedua tersangka tersebut busa memproduksi 20 tabung elpiji berisi air tersebut. Tersangka mematok harga senilai Rp 16.000 dari satu tabung yang terjual.
Dari dua tersangka, barang bukti yang diamankan polisi saat penangkapan diantaranya, satu unit sepeda motor Yamaha Jupiter Z Tahun 2016 warna hitam merah Bernopol B 6648 TJX, 50 Tabung gas. Rinciannya, 48 tabung gas kosong dan 2 tabung gas berisi gas dan air.
Satu buah keranjang angkut, satu pipa alat suntik tabung berikut selang sepanjang 50cm, satu helm warna merah, satu stel jas hujan warna merah, dan satu unit HP Nokia 2600c.
Sebelumnya warga Kelurahan Tugu geger dengan temuan tabung gas elpiji 3 kg berisi air. Warga RT002/RW006 Kelurahan Tugu, Daryani mengatakan, dia membeli gas itu dari warung dekat rumahnya. Ia membeli empat tabung seharga Rp 18.500. Dia beli dari pengecer yang bernama Yana.
Ia mengaku sengaja membeli banyak karena untuk dijual kembali. Ia telah menjual empat tabung yang berisi air. Namun, tiga orang warga mengembalikan tabung tersebut dengan keluhan api hanya menyala beberapa menit dan mati.*** Shinta Dewi.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved