Headlines News :
Home » » Kantor Perwakilan KPK Akan Dibuka Di 6 Kota Paling Rawan Korupsi

Kantor Perwakilan KPK Akan Dibuka Di 6 Kota Paling Rawan Korupsi

Written By Infobreakingnews on Jumat, 05 Agustus 2016 | 05.16

Jakarta, infobreakingnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana membuka perwakilan di enam provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Banten, Papua, dan Papua Barat. Sementara, sejauh ini perwakilan KPK sudah berjalan di Sumatera Utara, Riau, dan Banten.

Selain sebagai enam provinsi dengan angka korupsi yang tinggi, KPK memiliki pertimbangan lain kenapa enam provinsi itu dipilih. Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, KPK memilih Sumatera Utara, Riau, dan Banten karena kepala daerahnya berulang-ulang melakukan tindak pidana korupsi.


Sementara itu, untuk Aceh, Papua, dan Papua Barat, KPK mempertimbangkan, ketiga provinsi itu memiliki anggaran yang besar untuk pembangunan infrastruktur. "Karena ada dana besar yang digelontorkan di sana terkait otonomi khusus," lanjut Agus.

Selain penindakan, lanjut Agus, KPK akan memiliki wewenang untuk pencegahan. Hal itu lah yang akan diterapkan di enam provinsi tersebut.

Agus menjelaskan, pembukaan kantor perwakilan seyogyanya dilakukan di semua ibu kota provinsi. Namun, tak dapat dipungkiri KPK masih kekurangan sumber daya manusia. "Kita mulainya pun baru 2017, target kita 10 provinsi termasuk enam ini akan dibuka," jelas Agus.

Kendati demikian, yang utama, kata Agus, target KPK untuk membangun sistem pemerintahan yang baik dan langkah-langkah pencegahan dikedepankan dahulu. Kemudian, masyarakat dapat digiring jika sistemnya sudah baik.

"Orang itu kalau sistemnya sudah baik bisa digiring, tinggal enforcement (pelaksanaan) sistem bisa jalan," cetus Agus.

Selain pencegahan, Agus berharap ke depannya, KPK di daerah juga dapat melakukan penindakan. "Pencegahan tadi bisa mengumpulkan data informasi sehingga berdasarkan temuan pencegahan di lapangan, penindakan bisa ditindak lanjuti," pungkas Agus.*** Jerry Art.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved