Headlines News :
Home » » Dukung Jokowi di Pilpres 2019, Golkar Yakin Bisa Jamin Stabilitas Politik

Dukung Jokowi di Pilpres 2019, Golkar Yakin Bisa Jamin Stabilitas Politik

Written By Infobreakingnews on Jumat, 29 Juli 2016 | 15.50


Jakarta, infobreakingnews -  Pengamat politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SRMC) Sirojudin Abbas menilai dukungan Partai Golkar terhadap Jokowi di Pilpres 2019 sebagai wujud komitmen Golkar untuk menjamin stabilitas politik di era pemerintahan Jokowi-JK.
Abbas juga menyebutkan Golkar akan mengapitalisasi kekuatannya di parlemen untuk mendukung kebijakan dan program Jokowi-JK sampai tahun 2019.
“Memang deklarasi dukungan Partai Golkar bisa membuat pemerintahan Jokowi-JK lebih stabil sampai tahun 2019. Stabilitas ini nantinya bisa membuat pemerintahan Jokowi-JK mewujudkan program-program prioritasnya,” ujar Abbas di Jakarta, Jumat (29/7/2016).
Yang terpenting, Presiden Jokowi, kata Abbas bisa mengefektifkan dukungan Partai Golkar. Ia juga harus kritis dan hati-hati, jangan sampai Partai Golkar menjadi bumerang dalam koalisi pendukung pemerintah. Pasalnya, pertarungan elite dalam koalisi akan lebih kuat dengan masuknya Golkar dan PAN.
“Presiden harus hati-hati dan kritis, karena dalam konteks pertarungan merebut kekuatannya yang mendapat dukungan mayoritas publik, Golkar mempunyai kemampuan untuk menguasi koalisi baik secara kualitatif dan kuantitatif,” tandas dia.
Lebih lanjut, Abbas mengatakan Partai Golkar sendiri memberikan tiga pesan dengan menyatakan mendukung Jokowi menjadi capres 2019. Pertama, Golkar secara terbuka memanfaatkan situasi di mana presiden membutuhkan dukungan politik dan parlemen untuk mengefektifkan kinerja pemerintahan.
“Golkar bisa memanfaatkan situasi di mana Presiden Jokowi membutuh posisi tawar yang lebih kuat dengan partai koalisi lama. Golkar secara tepat mengambil kesempatan di mana hubungan Jokowi dan PDIP tidak begitu mesra untuk memanfaatkan dukungan publik terhadap Jokowi,” terang dia.
Kedua, Golkar bisa memanfaatkan image dan dukungan positif publik terhadap Jokowi untuk memperbaiki image dan dukungan publik terhadap Golkar. Dukungan terhadap Presiden Jokowi bisa berdampak positif terhadap Partai Golkar.
“Dukungan terhadap Jokowi, memberikan sinyal langsung kepada koalisi lama yang dikomandoi oleh PDIP bahwa Golkar sekarang mempunyai pengaruh cukup kuat di pemerintahan. Secara kualitatif, Golkar mempunyai kader-kader yang mumpuni dan teruji. Sementara secara kuantitatif, Golkar merupakan peraih kursi terbesar kedua di parlemen,” pungkas Abbas. ***Siswo Pramono
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved