Headlines News :
Home » » Vaksin Palsu, Kinerja BPOM Dipertanyakan

Vaksin Palsu, Kinerja BPOM Dipertanyakan

Written By Infobreakingnews on Senin, 27 Juni 2016 | 14.57


Jakarta, infobreakingnews - Peredaran vaksin palsu untuk bayi yang terjadi sejak tahun 2003 memunculkan pertanyaan terhadap kinerja Badan Pengawas Obat dan Minuman (BPOM)
"Tentu ini keteledoran pengawasan BPOM mengawasi beredarnya vaksin di masyarakat," ungkap Ketua DPR, Ade Komarudin di Gedung Nusantara II, Jakarta, Senin (27/6/2016).
Ade mempertanyakan kinerja Badan POM karena kasus yang menyangkut kesehatan masyarakat seperti itu tidak dapat dibiarkan. Menurut dia, apabila kasus itu dibiarkan akan berdampak buruk dan berdampak luas di masyarakat.
"Saya menilai kasus ini penting dan meminta Komisi IX mendalami kejadian itu dengan baik," ujarnya.
Menurut Ade sebenarnya selama ini sudah ada sistem untuk mencegah terjadinya pemalsuan vaksin sehingga apabila terjadi maka itu merupakan keteledoran Badan POM.
Sebelumnya Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Badan Reserse Kriminal Polri menangkap 10 orang pemalsu vaksin. Hasil pengembangan mengungkap tiga kelompok produsen vaksin palsu yang tidak saling mengenal satu sama lain.
Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Brigjen Agung Setya menyampaikan, awalnya polisi menangkap J pada 16 Juni. J adalah pemilik Toko Azca Medical di Bekasi, Jawa Barat.
Berdasarkan keterangan J, polisi menemukan tiga titik yang diduga menjadi tempat meracik vaksin palsu, yakni di Jalan Serma Hasyim, Bekasi Timur; Puri Hijau Bintaro; dan Kemang Regency, Bekasi, Jawa Barat.
Dari tiga lokasi itu, polisi meringkus sembilan orang, terdiri dari lima produsen, dua kurir, satu pencetak label, dan satu penjual. Vaksin palsu itu, lanjut Agung, didistribusikan di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. ***Deviane
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved