Headlines News :
Home » » Mampukah Tito Menjadi Kapolri Sedasyat Ahok

Mampukah Tito Menjadi Kapolri Sedasyat Ahok

Written By Infobreakingnews on Selasa, 21 Juni 2016 | 08.05

Jakarta, infobreakingnews - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menilai langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencalonkan Komjen Tito Karnavian sebagai Kapolri tidak lepas dari pengalaman masa lalu yang pernah dilakukannya. Pencalonan Komjen Budi Gunawan dua tahun lalu yang menimbulkan kegaduhan berkepanjangan sehingga tidak jadi dilantik adalah pengalaman pahit yang pernah dilakukan Jokowi.
Dengan pengalaman itu, Jokowi tidak mau mengulang kejadian yang sama. Maka dipilihlah Komjen Tito yang masih junior sebagai calon Kapolri.
"Jokowi ingin memperbaiki pola rekrutmennya dengan mempertimbangkan kompetensi dan track record/ reputasi meskipun harus menomerduakan sistem senioritas," kata peneliti LIPI Siti Zuhro kepada infobreakingnews.com,  di Jakarta, Selasa  (21/6).
Ia menjelaskan sebagai presiden, Jokowi pasti sudah menghitung secara serius plus-minus dan kemanfàatan serta dampak-dampaknya atas pilihan yang dilakukan. Jokowi juga sudah mempertimbangkan semua aturan yang ada sehingga tidak melabrak hukum.
Dengan pertimbangan-pertimbangan yang ada makanya Jokowi berani mencalonkan Tito yang masih muda.
Menurutnya, figur Tito cukup tepat menjadi Kapolri. Sebagai penegak hukum, institisi Polri disyaratkan melakukan reformasi di internalnya. Meskipun sejauh ini ikhtiar ke arah itu dilakukan, namun hasilnya dinilai publik belum maksimal.
"Reformasi memerlukan polri yang betul-betul mampu memimpin dan menjadi tauladan baik bagi internal polri maupun publik. Membenahi institusi tak cukup merperbaiki sistemnya saja, tetapi juga memperbaiki sumber daya manusia (SDM)-nya," ujar Siti.
Dia menegaskan personil Polri sudah saatnya disegani. Rasa segan itu bukan karena tindakan kekerasan, tetapi mereka berwibawa dan mampu menjaga integritas dan institusinya.
"Pasti banyak yang berubah dan menyenangkan ditangan pak Tito." pungkasnya. *** Yakub Pranata.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved