Headlines News :
Home » » Komjen Tito Karnavian Jadi Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi

Komjen Tito Karnavian Jadi Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi

Written By Infobreakingnews on Rabu, 15 Juni 2016 | 18.21


Jakarta, infobreakingnews - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Komjen Tito Karnavian menjadi calon tunggal Kapolri pilihan Presiden RI, Joko Widodo. 

Hal itu berdasarkan surat permohonan persetujuan calon Kapolri yang disampaikan oleh Jokowi kepada DPR hari ini.

"Surat tersebut berisi Presiden meminta pencalonan Komjen Tito Karnavian, satu-satunya, menjadi calon Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti," ungkap Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI, Ade Komarudin di Jakarta.

Tito dipilih demi meningkatkan profesionalisme Polri sebagai pengayom masyarakat dan memperbaiki kualitas penegakan hukum terutama terhadap kejahatan luar biasa seperti terorisme, narkoba, maupun korupsi. Tito juga dipilih sekaligus meningkatkan sinergi dengan penegak hukum lain.

Ade mengatakan DPR akan segera memproses surat Presiden yang masuk untuk kemudian dibawa ke rapat pimpinan untuk menyampaikan pencalonan Tito. 

"Setelah itu diproses di Komisi III untuk fit and proper test," kata Ade. Uji kepatutan dan kelayakan itu kemungkinan digelar 22 Juni.


Dihubungi terpisah, Ketua Komisi III Bambang Soesatyo membenarkan surat tersebut. Dia berkata saat ini surat itu masih berada di pimpinan Dewan dan rencananya besok akan dibawa ke Badan Musyawarah DPR.

"Kami harapkan sebelum memasuki libur hari raya Idul Fitri sudah bisa kami selesaikan dan bisa ditetapkan dalam pengambilan keputusan di sidang paripurna 28 Juni 2016," ujar Bambang.


Proses pergantian Kapolri yang dilakukan presiden merujuk pada UU 2/2002 tentang Kepolisian RI. Penunjukan calon Kapolri, kata Johan, sepenuhnya menjadi wewenang dan hak prerogratif Presiden.
Namun demikian, kata Johan, dalam memilih nama Tito Karnavian, presiden sudah mendengar masukan dari berbagai pihak baik Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Polri, dan publik.
"Nama Tito Karnavian adalah salah satu dari beberapa nama yang diajukan oleh Kompolnas kepada Presiden," kata Johan. ***Candra Wibawanti


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved