Headlines News :
Home » » Jokowi Resmikan Proyek PLTU Lontar 315 MW di Banten Hari Ini

Jokowi Resmikan Proyek PLTU Lontar 315 MW di Banten Hari Ini

Written By Infobreakingnews on Jumat, 10 Juni 2016 | 13.08


Tangerang, infobreakingnews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini dijadwalkan melakukan pemancangan tiang pertama (groundbreaking) proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Lontar 1 x 315 megawatt (MW) di Desa Lontar, Kecamatan Kemiri, Kab.Tangerang, Banten.

PLTU Lontar merupakan salah satu proyek dari PT PLN (Persero) Unit Induk Jawa Bagian Barat. Listrik dari PLTU ini akan dipasok ke 3 subsistem untuk wilayah DKI Jakarta dan Banten, yakni subsistem Balaraja, Subsistem Kembangan, serta Subsistem Muara Karang-Gandul.

"Syukur Alhamdullilah seluruh kesiapan pembangunan telah kami selesaikan. Nantinya pasokan dari Lontar Unit 4 akan memperkuat sistem Jakarta-Banten dan akan masuk sub sistem Balaraja," ujar Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, saat ditemui di PLTU Lontar, Banten, Jumat (10/6/2016). 
Sofyan menambahkan, Proyek PLTU Unit 4 ini merupakan satu rangkaian dari Program 35.000 MW yang saat ini tengah digarap oleh PLN bersama pengembang swasta, dalam rangka meningkatkan rasio elektriflkasi sebagai salah satu perwujudan Nawacita dari pemerintahan Jokowi-JK.

"Dengan adanya PLTU Lontar extention 315 MW, PLN menargetkan bisa menambah pelanggan baru hingga 206 ribu pelanggan dan dapat menyerap tenaga kerja lebih dari 3.000 orang. Hal ini tentu dapat memberikan dampak ekonomi yang cukup signifikan di area lokasi proyek," imbuh Sofyan.

Selain melakukan groundbreaking PLTU lontar extention 1x315 MW, Jokowi juga akan melakukan groundbreaking dan peresmian proyek kelistrikan untuk memperkuat sistem kelistrikan Jakarta-Banten

Berikut proyek yang groundbreaking: 

·         SUTET 500 kV Bojanegara –Suralaya
·         SKTT 150 kV Muara Karang Baru Muara Karang Lama
·         Uprating SUTT 150 kV Cibinong Gandaria
·         GIS 150 kV Depok Baru II

Secara bersamaan Jokowi juga meresmikan gardu induk dan transmisi, di mana keseluruhan proyek yang diresmikan telah beroperasi di Wilayah Banten dan DKI Jakarta. Adapun infrastruktur kelistrikan yang diresmikan tersebut, yakni: 

·         Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Balaraja Kapasitas 2x500 MVA
·         Gardu Induk 150 kV Millenjum Kapasitas Trafo 2x60 MVA.
Rekonduktoring Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Cilegon Serang sepanjang 35,91 kms.
·         GIS 150 kV Bintaro II Kapasitas Trafo2x60 MVA dan UGC 150 kV Bintaro-Bintaro II sepanjang 4,68 kms.
·         GI 150 kV Pantai Indah Kapuk Kapasitas Trafo 1x60 MVA.
·         GIS 150 kV Gunung Sahari Kemayoran Kapasitas Trafo 2x60 MVA dan UGC 150 kV sepanjang 10 kms.

·         GI 150 kV Bayah Kapasitas Trafo 1x60 MV A untuk Penyambungan Konsumen Tegangan Tinggi (TT) Pabrik Semen PT Cemindo Gemilang di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. ***Johanda Sianturi
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved