Headlines News :
Home » » Insiden Penembakan Jet Tempur, Erdogan Minta Maaf Pada Putin

Insiden Penembakan Jet Tempur, Erdogan Minta Maaf Pada Putin

Written By Infobreakingnews on Selasa, 28 Juni 2016 | 16.01


Moskow, infobreakingnews - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan diklaim telah meminta maaf atas penembakan jet militer Rusia di perbatasan dengan Suriah. Erdogan disebut-sebut mengirim pesan simpati dan duka cita kepada keluarga pilot yang tewas melalui Presiden Vladimir Putin.

Insiden penembakan pesawat militer Rusia oleh Turki tersebut sempat memicu kemarahan Negara Beruang Merah itu.

Putin saat itu berkata sanksi tak bakal dicabut sampai Turki meminta maaf. Tak lama setelah penembakan jet tempur, Rusia merespons dengan pemberian sanksi perdagangan dan menghentikan tur pariwisata antara kedua negara.

Namun, seperti dilansir dari BBC, Selasa (28/6/2016), juru bicara Kremlin Dmitri Peskov mengatakan, akhirnya Erdogan berbicara tentang penyesalan terdalam atas insiden itu dan mengatakan ingin memperbaiki hubungan Turki dan Rusia.

"Dalam surat, Rusia adalah teman Turki serta partner strategis, sehingga Turki tidak mau merusak hubungan keduanya," kata Peskov.

Kendati demikian, dari pihak Turki, belum menanggapi klaim sepihak itu.

Pada 24 November, pesawat militer Russian Su-24 ditembak jatuh oleh F16 milik Turki. Jet tempur itu jatuh di pegunungan Jabal yang merupakan area pemberontak Turkmen, dan menewaskan pilot. Insiden itu membuat hubungan Moskow dan Ankara menegang. Putin pun langsung berkomentar, ia merasa ditikam dari belakang serta menuduh Erdogan bekerja sama dengan ISIS.

Saat itu Erdogan meminta bertemu Putin secara pribadi namun ditolak mentah-mentah. Semenjak itu mereka berdua tak pernah berbicara satu sama lain di depan publik. ***Nadya
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved