Headlines News :
Home » » Ichsan Suaidi dan Advokat Divonis 3,5 Tahun Penjara

Ichsan Suaidi dan Advokat Divonis 3,5 Tahun Penjara

Written By Infobreakingnews on Senin, 20 Juni 2016 | 15.20


Jakarta, infobreakingnews - Dirut PT Citra Gading Asritama, Ichsan Suaidi dan advokat Awang Lazuardi Embat dipidana 3,5 tahun penjara serta denda sebesar Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan, setelah dinyatakan terbukti menyuap Direktorat Pranata Dan Tata Laksana Perkara Perdata Mahkamah Agung (MA) Andri Tristianto Sutrisna dengan uang sejumlah Rp 400 juta untuk menunda salinan putusan kasasi.
"Menyatakan terdakwa I Ichsan Suaidi dan terdakwa II Awang Lazuardi terbukti sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama," ucap ketua majelis hakim John Halasan Butarbutar membacakan putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (20/6/2016).
Perbuatan keduanya dinilai hakim telah merusak citra dan wibawa peradilan khususnya MA. Terlebih Ichsan merupakan terpidana korupsi sementara Awang selaku advokat yang termasuk penegak hukum sepatutnya melakukan penegakan hukum bukan mencederainya.
Majelis hakim berpendapat tidak ada alasan pembenar dan pemaaf terhadap kedua terdakwa yang dinyatakan terbukti melanggar Pasal 5 Ayat (1) UU Tipikor itu.
Vonis terhadap Ichsan dan Awang lebih rendah dari tuntutan jaksa yang menuntut pidana selama 4 tahun dan denda Rp 100 juta subsider 3 bulan penjara. Namun baik jaksa maupun terdakwa menyatakan pikir-pikir untuk banding.
Ichsan dan Awang menyuap Andri agar putusan kasasi Ichsan dalam perkara korupsi pembangunan pelabuhan di Labuhan Haji, Lombok Timur, ditunda agar memberi waktu lebih bagi pihak terdakwa menyiapkan memori peninjauan kembali.
Buntut dari perkara tersebut, MA memecat panitera muda pidana khusus di MA, Kosidah alias Ida, yang dalam persidangan terungkap ikut mengatur perkara bersama Andri. Sedangkan perkara Andri tak menunggu waktu lama lagi disidangkan di Pengadilan Tipikor Jakarta. ***Jerry Art
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved