Headlines News :
Home » » Gubernur Banten Akan Lantik Ulang Semua Pejabatnya Akibat Perubahan SOTK,

Gubernur Banten Akan Lantik Ulang Semua Pejabatnya Akibat Perubahan SOTK,

Written By Infobreakingnews on Selasa, 03 Mei 2016 | 08.34

Bupati dan Walikota Se Proipinsi Banten
Serang, infobreakingnews - Seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mulai dari eselon I (Sekretaris Daerah), eselon II (kepala biro dan kepala dinas/badan), pejabat eselon III hingga pejabat eselon IV akan dilantik ulang. Hal itu sebagai konsekuensi dari perubahan struktur organisasi tata kerja (SOTK) menyusul revisi PP Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Soeharta menjelaskan revisi PP Nomor 41 Tahun 2007 oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) akan membawa konsekuensi munculnya Peraturan Daerah (Perda) baru untuk mengatur soal SOTK.
“Mengikuti aturan yang ada maka seluruh pejabat termasuk saya selaku Sekda Banten harus dilantik ulang karena Perda-nya berubah,” kata Ranta kepada infobreakingnews.com, Selasa (3/5) di Serang, Banten.
Terkait waktu, Ranta mengaku belum mengetahuinya karena harus menyesuaikan dengan hasil revisi PP 41 Tahun 2007 yang saat ini masih digodok pemerintah pusat. Selain itu, dalam perubahan SOTK pun masih ada sejumlah hal yang harus diperhatikan secara prosedural yang nanti menjadi dasar hukum. "Perubahan SOTK juga kan harus ada Perda-nya untuk menjabarkan PP tersebut. Karena itu Perda lama tidak berlaku lagi. Kami dari Pemprov Banten telah mempersiapkan semuanya kapan pun perubahan SOTK itu dilakukan," ujarnya.
Ranta melanjutkan, meskipun dalam perubahan SOTK semua pejabat akan dilantik, namun hal tersebut tidak akan mengganggu roda pemerintahan yang ada.” Roda pemerintahan akan berjalan seperti biasanya,” tegasnya.
Sementara itu, Kepala Biro Organisasi Pemprov Banten, Dian Wirtadipura mengklaim persiapan perubahan SOTK telah mencapai 100 persen. Saat ini Pemprov hanya tinggal menunggu revisi PP 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah. Jika revisi tuntas, pihaknya langsung memroses perubahan SOTK tersebut ke biro hukum untuk selanjutnya dibuatkan rancangan peraturan daerah (Raperda).
Adapun beberapa SKPD yang bakal dirombak antara lain Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) yang akan dipecah menjadi Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Biro Pemerintahan yang akan melahirkan dua dinas baru yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Pertanahan. Sementara itu, Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPK‎D) akan dipecah menjadi Dinas Pendapatan dan Dinas Pengelolaan Keuangan.
Dian mengatakan, diperkirakan Agustus 2016 mendatang, Gubernur Banten Rano Karno akan melantik ulang seluruh pejabat Provinsi Banten seiring dengan perubahan SOTK.*** Johanda Sianturi.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved