Headlines News :
Home » » Wajib Pajak Jateng Menunggak Rp 1,2 Trilun

Wajib Pajak Jateng Menunggak Rp 1,2 Trilun

Written By Infobreakingnews on Kamis, 14 April 2016 | 22.36

Dasto Lesyanto
Semarang, infobreakingnewsKantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I mencatat tunggakan pajak mencapai Rp1,21 trilliun. Tunggakan pajak itu berasal dari utang pajak Wajib Pajak Badan (WP Badan) sebesar Rp950 miliar dari 32.758 WP dan Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) sebesar Rp 264 miliar dari 96.905 WP.

"Tugas kami selain mengawasi wajib pajak juga punya kewajiban untuk melakukan pemeriksaan untuk menguji tingkat kepatuhan WP. Pada proses itu, terbukti banyak WP tidak melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) secara benar sehingga muncul tax gap," kata Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah I, Dasto Lesyanto, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/4/2016).


Data itu diperoleh berdasarkan proses pemeriksaan melalui beberapa prosedur. Di antaranya penerbitan surat perintah pemeriksaan, penerbitan surat keterangan kurang pajak, surat teguran, hingga surat paksa.

"Jika belum juga melunasi pajaknya, akan dilakukan penyitaan terhadap harta WP. Kami juga akan melakukan langkah gijzeling atau paksa badan bagi WP yang menunggak pajaknya," kata dia.

Meski mempunyai tunggakan, penerimaan pajak DJP Jateng I hingga April 2016 sudah mencapai Rp4,28 trilliun. Jumlah tersebut setara dengan 13,06 persen dari target sepanjang 2016 sebesar Rp32,81 triliun.

"Penghimpunan pajak ini dilakukan secara gotong royong. Kami mengupayakan berbagai hal untuk mengejar target itu. Berbagai upaya pencapaian penerimaan pajak adalah melalui pengawasan penggalian potensi, seperti memperhatikan sektor-sektor bisnis unggulan yakni industri pengolahan, perdagangan, dan jasa keuangan," ujar dia.

Untuk tingkat kepatuhan, Dasto menyatakan tingkat kepatuhan WP dalam penyampaian SPT tahun 2016 secara rata-rata mencapai 57,06 persen dengan 585.081 WP dari total 1.025.419 WP yang terdaftar wajib SPT. Dari jumlah yang melakukan penyampaian SPT itu, 401.067 WP menyampaikan SPT melalui e-filing. Pelaporan SPT untuk WP orang pribadi melalui e-filing masih bisa dilakukan hingga 30 April mendatang. *** Yohanes Suroso.



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved