Headlines News :
Home » » Triliunan Rupiah Uang Rakyat Dikorupsi Melalui Puluhan Ribu PNS Fiktip

Triliunan Rupiah Uang Rakyat Dikorupsi Melalui Puluhan Ribu PNS Fiktip

Written By Infobreakingnews on Rabu, 27 April 2016 | 09.31

Semarang, infobreakingnews - Ibarat Republik Mimpi, kok bisa bisanya selama puluhan tahun tapi baru belakangan ini baru terhendus kecurigaan terhadap sekitar 35.000 personil PNS Siluman yang terus selama ini mendapat jatah gaji tetapi manusianya tak pernah diketahui siapa gerangan.
Untuk itulah Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng terus melakukan verifikasi terhadap adanya data sekitar 400-600 PNS fiktif atau siluman di provinsi ini.
”Kami masih melakukan verifikasi terhadap data itu. Masih ada sekitar 400-600 PNS 'siluman' yang tersebar di 35 kabupaten/kota," ujar Kepala BKD Jateng Arief Irwanto, saat dikonfirmasi Rabu (27/4).
Mengenai adanya rencana pemanggilan oleh DPRD Jateng, pihaknya menyatakan siap untuk menjelaskan soal data tersebut.
Sekretaris Komisi A DPRD Jateng, Ali Mansur HD, mengatakan, Pemprov Jateng harus benar-benar mewaspadai adanya PNS "siluman". Pihaknya mendesak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng untuk mendata seluruh PNS di Jateng dengan valid.
”Kalau nanti ada yang mempersoalkan tapi tidak ada data validnya tinggal ditelusuri siapa yang berkepentingan,” ujarnya.
Pemanggilan BKD juga terkait adanya peralihan SMA/SMK dari daerah ke provinsi sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Jumlah guru SMA/SMK di Jateng mencapai 33.001 orang. Rinciannya, 25.383 PNS, dan 7.618 non PNS. Sedangkan tenaga pendidik mencapai 10.277 orang, dengan rincian PNS 3.257 orang dan non PNS 7.020 orang.
Hasil investigasi yang dukumpulkan dari lapangan, ditemukan penggelembungan nama PNS fiktip itu pada Kementerian Agama, Kemendikbud dan Kemenkes, sementara Kementerian lainnya juga tetap ada namun yang tidak sebesar ditiga kementerian tersebut diatas. 
Sampai dengan berita ini diturunkan, pihak aparat terkait sedang menelusuri kaksus PNS fiktip ini. *** Any Christmiaty, Yohanes Suroso, Budianto.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved