Headlines News :
Home » » Panama Papers : Sejumlah Pejabat Dan Pengusaha Indonesia Terindikasi Cuci Uang Ratusan Triluan

Panama Papers : Sejumlah Pejabat Dan Pengusaha Indonesia Terindikasi Cuci Uang Ratusan Triluan

Written By Infobreakingnews on Rabu, 06 April 2016 | 08.26

Jakarta, infobreakingnews - Temuan data yang menggegerkan dunia ini sudah saatnya menjadi perhatian serius Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena selain kejahatan terbesar sepanjang abad, juga menyangkut sejumah orang penting yang berasal dari Indonesia yang tercantum dalam bocoran Panama Papers tak hanya dari kalangan pengusaha. Nama-nama itu juga hadir dari kalangan pejabat yang kini sedang berkuasa.

Kini skandal Panama Papers menjadi berita utama disejumlah negara, karena ditemukan nama sejumlah pemimpin negara dunia yang menyimpan sejumlah uang yang nilainya cukup fantastis yang diduga kuat merupakan hasil kejahatan korupsi, pencucian uang, serta menghindari pembayaran pajak.

Pemimpin Redaksi Majalah Tempo Arif Zulkifli mengatakan, hal itu terungkap dari investigasi Tempo yang dilakukan setahun terakhir sejak Tempo mendapat bocoran Panama Papers. Tempo sendiri menjadi satu-satunya media di Indonesia yang mendapat data dari surat kabar Jerman Süddeutsche Zeitung.


"Yang mengejutkan, selain nama sejumlah pengusaha, kami juga menemukan sejumlah nama pejabat kita" kata Arif pada Metro TV, Selasa (5/4/2016) malam. 

Tanpa merinci nama-nama pejabat itu, Arif menyebut ada pula nama yang tidak dikenal. Nama yang tidak dikenal ini cukup sulit untuk dilakulan verifikasi. Mereka dicurigai merupakan tameng dari tokoh-tokoh terkenal untuk menyembunyikan identitasnya.

"Kalau kita baca si A, si B, kita enggak tahu itu siapa, tapi dari penelusuran awal yang kami lakukan, mengerucut pada nama-nama penting," jelas Arif.

"Jadi dia membuka Shell Company bukan atas nama dia tapi orang lain yang dia percayai yang jumlahnya bisa empat atau lima orang," beber Arif. 

Arif mengaku pihak Tempo sudah meminta nama-nama dari Indonesia yang tercantum itu untuk jujur dan terbuka kepada masyarakat terkait keterlibatannya.

"Dan beberapa dari mereka kami minta secara jujur, terbuka dan menjelaskan bahwa saya ada di situ," sebut Arif.

Sebagai informasi, bocornya dokumen firma hukum asal Panama, Mossack Fonseca membuat geger dunia saat ini atau dikenal dengan nama Panama Papers. Di dalamnya terdapat dokumen berisi data perusahaan-perusahaan bayangan (offshore) yang digunakan untuk menyembunyikan uang dan menghindari pajak.

Skandal besar Panama Papers akan besar manfaatnya jika KPK berani membongkarnya, serkaligus merampas uang yang jumlahnya Ratusan Triliunan untuk membantu modal usaha rakyat miskin.*** Emil F Simatupang.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved