Headlines News :
Home » » Mulai Minggu Depan, Cukup Rp 3500,- Dari Botabek Ke Jakarta

Mulai Minggu Depan, Cukup Rp 3500,- Dari Botabek Ke Jakarta

Written By Infobreakingnews on Rabu, 20 April 2016 | 09.02

Jakarta, infobreakingnews - Untuk mengatasi semakin berjubelnya kendaraan bermotor pribadi masuk ke Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan Transjakarta. Tidak hanya menambah jumlah armada bus Transjakarta di 12 koridor, juga memberikan layanan Transjakarta melalu jalur Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek).
Rencananya, pekan depan, bus Transjakarta akan melayani jalur Bodetabek dengan tarif Rp 3.500 per satu kali perjalanan per orang. Artinya, hanya dengan Rp 3.500, warga Bodetabek bisa ke Jakarta menggunakan bus Transjakarta atau pulang dari Jakarta ke Bodetabek.
Begitu juga sebaliknya, warga Jakarta bisa dengan mudah ke wilayah Bodetabek dengan menggunakan bus Transjakarta, tanpa menggunakan mobil atau motor pribadi.
Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, Andry Yansyah mengatakan Pemprov DKI berupaya akan memindahkan masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi ke transportasi massal.
“Makanya minggu depan kita akan mulai pengoperasionalan bus Transjakarta dari Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Tarifnya tetap Rp 3.500. mudah-mudahan minggu depan ya,” kata Andry, Rabu (20/4).
Dari 600 unit bus yang diberikan Kementerian Perhubungan, lanjutnya, akan dibagi sebanyak 400 unit bus untuk menambah armada bus Transjakarta di 12 koridor. Kemudian 200 unit bus Transjakarta akan melayani masyarakat Jabodetabek.
Diperkirakan, untuk empat daerah tetangga DKI Jakarta, masing-masing akan dilayani 50 unit bus Transjakarta. Namun untuk tahap awal, baru 20 bus yang akan dioperasikan minggu depan dengan rute Bekasi-Jakarta-Bekasi.
“Sebanyak 600 bus itu sudah ada di Jakarta. Tapi kami operasikan bertahap karena administrasi, Uji KIR dan uji segala macem. Karena kami ingin tertib dengan aturan lah. Nah untuk bus yang melayani Bodetabek, akan dimulai dari Bekasi. Kami akan mulai dari Metropolitan Mall,” jelasnya.
Agar warga Bodetabek mau menggunakan bus Transjakarta ke Jakarta, pihaknya juga mau bekerja sama dengan pengembang untuk membangun park and ride di terminal bus Transjakarta di Bodetabek.
“Jadi penumpang yang mau masuk Jakarta, silakan parkir disana (park and ride). Manfaatkan bus-bus kami hanya dengan tarif Rp 3.500 bisa keliling Jakarta sepuasnya. Dia bisa tidur, nayaman, aman dan kesehatan terjamin,” ujarnya.
Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Budi Kaliwono mengatakan pengoperasian bus Transjakarta melayani jalur Bodetabek-Jakarta, diharapkan dapat membuat masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi massal. Dengan begitu, beban volume kendaraan bermotor di Jakarta semakin berkurang, sehingga kemacetan akan berkurang.
“Kunci utamanya adalah memindahkan pengguna kendaraan bermotor pribadi ke bus Transjakarta,” ujar Budi.*** Johanda Sianturi.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

-

-
-

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved